Paulus Waterpauw Perintahkan 13 Kepala Daerah Buka Gerai Vaksin Baru Percepat Cakupan <i>Booster</i>
Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw. (Antara)

Bagikan:

PAPUA - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menginstruksikan kepala daerah di 13 kabupaten dan kota di wilayahnya melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster dengan mengaktifkan gerai vaksin baru.

Instruksi Pj Gubernur Papua Barat ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 440/3917/SJ tentang percepatan vaksinasi dosis lanjutan (booster) bagi masyarakat.

Merespons instruksi tersebut, berdasarkan laporan Antara, Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat membuka sejumlah gerai vaksinasi COVID-19 yang dipusatkan di pusat perbelanjaan dan tempat-tempat umum lainnya bekerja sama dengan TNI dan Polri.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Otto Parorongan menambahkan, salah satu gerai vaksinasi COVID-19 dinas kesehatan, berada di Manokwari City Mall (MCM) untuk melayani masyarakat pengunjung mall yang belum divaksin.

"Secara umum, pelayanan vaksinasi COVID-19 masih dibuka baik di Puskesmas, Rumah Sakit Pemerintah dan swasta. Sementara gerai vaksinasi COVID-19 dipusatkan di pusat perbelanjaan dan tempat-tempat umum sebagai sistem jemput bola," katanya di Manokwari, Rabu 13 Juli.

Ia juga berharap peran aktif para Kepala Dinas Kesehatan di 13 Kabupaten dan Kota mengambil langkah cepat melalui gerai vaksinasi COVID-19 terutama percepat vaksinasi dosis penguat di daerah dengan cakupan vaksinasi rendah.

"Tiga daerah dengan cakupan vaksinasi COVID-19 rendah saat ini menjadi atensi kami, yaitu Kabupaten Pegunungan Arfak, Maybrat dan Tambrauw," kata Parorongan.

Jangan lupa ikuti temuan redaksi yang memberitakan sejumlah warga di Jawa Barat tiba-tiba mendapat sertifikat vaksin booster meski belum pernah disuntik. Anda bisa mengikutinya dalam link ini.