Jokowi Minta Polri Siap Hadapi Ancaman Kejahatan Berbasis Teknologi
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo menyampaikan amanat Inspektur Upacara HUT ke-76 Bhayangkara di Kampus Akademi Kepolisian Kota Semarang

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Polri untuk terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Tujuannya, agar bisa menangani tindak pidana kejahatan yang saat ini semakin berkembang.

"Kita harus semakin siap dalam menghadapi ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru," ujar Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara HUT Bhayangkara ke-76 di Semarang, Selasa, 5 Juli.

Bahkan, seluruh jajaran Korps Bhayangkara juga harus lebih dari para pelaku kejahatan. Terutama, dalam penguasaan teknologi.

Tak dipungkiri, perkembangan teknologi dapat menjadi hal yang baik. Tetapi, juga bisa berdampak buruk jika dimanfaatkan dengan cara yang salah, contohnya aksi tindak pidana penipuan.

"Oleh sebab itu, Polri harus lebih maju dibandingkan pelaku kejahatan. Polri harus terus berinovasi dan meningkatkan penguasaan teknologi," ungkapnya.

Pada kesempatan sebelumnya, Jokowi juga meminta Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dibanding penindakan. Sehingga, tercipta keamanan di lingkungan masyarakat.

"Lakukan berbagai tindakan pemolisian dengan humanis namun tegas ketika diperlukan. Jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir," kata Jokowi.