Menebak Isi Bantuan yang Dibawa Jokowi via Kereta Luar Biasa untuk Warga Ukraina
Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Isi kereta luar biasa milik Ukraina yang berangkat dari Polandia bukan hanya Presiden Joko Widodo dan delegasi terbatas. Namun Jokowi juga membawa bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina.

Dilihat dari foto Biro Pers Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu, tampak bantuan kemanusiaan itu dikemas dalam kotak-kotak putih bertuliskan "Indonesia Humanitarian Aid to the people of Ukraine".

Tidak diketahui apa isi dari bantuan kemanusiaan tersebut. Namun, bantuan itu diperkirakan akan diserahkan Presiden Jokowi kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat pertemuan keduanya nanti.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi beserta rombongan terbatas berangkat menuju Kiev, Ukraina, menggunakan kereta dari Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, pada Selasa (28/6), pukul 21.15 waktu setempat.

Kepala Negara dan rombongan menggunakan Kereta Luar Biasa yang disiapkan oleh pemerintah Ukraina, seperti juga digunakan oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Kereta Luar Biasa ini biasa diisi orang-orang dengan kategori VVIP karena menjadi satu-satunya moda transportasi menembus Ukraina di tengah invasi Rusia.

Kereta ini memang disiapkan khusus pemerintahan Ukraina untuk mengantar para pemimpin negara yang mau mendukung Volodymyr Zelensky melawan Rusia. Negara terdekat yang bisa menjangkau Ukraina adalah Polandia.

Dengan situasi yang masih gawat, kereta api memang jadi opsi tunggal mencapai Ukraina. Dalam situasi peperangan, tidak mungkin ada pesawat VVIP yang melintasi langit Ukraina.