Koalisi Semut Merah Tak Bakal Kuat Meski Demokrat Gabung, Pengamat: Siapa Leadernya?
Photo by Felix Mittermeier on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Peneliti dari Cyrus Network, Hasan Hasbi menilai koalisi Semut Merah bentukan PKB dan PKS belum cukup kuat untuk membuat poros baru pada Pemilu 2024.

Hasan menilai, PKB dan PKS belum bisa menjadi partai tulang punggung koalisi. Dalam artian, partai yang mampu menjadi pimpinan dari koalisi tersebut.

Meski saat ini PKB dan PKS membuka pintu bagi sejumlah partai untuk gabung, yang salah satunya adalah Demokrat, demi bisa memenuhi ambang batas pencalonan presiden, syarat tulang punggung ini belum terpenuhi untuk mampu mengusung calon presiden dan wakil presiden.

"Secara kursi, mungkin PKB lebih besar. Tapi dari sisi leadership, Pak SBY jauh lebih kuat leadershipnya. Sayangnya, Demokrat hanya 54 kursi (di parlemen). Kalau PKS memang partai yang paling solid, namun mereka juga hanya 50 kursi," kata Hasan kepada wartawan, Senin, 20 Juni.

"Sulit untuk menentukan siapa yang jadi leader di koalisi ini. Sebab, koalisi itu harus ada tulang punggungnya. Enggak bisa hanya orang ketemu-ketemu, kemudian bikin koalisi. Saya enggak yakin PKB, PKS, dan Demokrat bisa seperti itu," lanjut dia.

Karenanya, jika PKB dan PKS mantap ingin bentuk koalisi, menurut Hasan, mereka harus bisa melobi partai besar untuk gabung. Gerindra dan PDIP adalah partai yang punya potensi menjadi tulang punggung koalisi.

Sebab, Gerindra memiliki 78 kursi di parlemen dan sosok ketua umumnya, Prabowo Subianto merajai beberapa survei capres. Kalau PDIP, partai ini merupakan pemenang Pileg 2019.

"Kalau PKB-PKS ketemu Gerindra, sangat mungkin tulang punggungnya Gerindra. Lalu, kalau PDIP ketemu sama partai manapun, tulang punggungnya pasti PDIP," ujar Hasan.

Koalisi Semut Merah pertama kali diungkapkan oleh unggahan poster dalam akun Instagram Wakil Ketua PKB Jazilul Fawaid. Poster ini menampilkan wajah Ketua Umum Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Nampak foto Cak Imin dan Anies bersebelahan lengkap dengan logo PKB dan PKS di sudutnya. "Bersatu untuk umat. Capres dan cawapres 2024. Koalisi Semut Merah," demikian tulisan yang disematkan di bagian tengah poster tersebut.

PKB mengaku tengah menunggu Partai Demokrat, NasDem, dan Gerindra untuk bergabung ke Koalisi Semut Merah. Jika ketiganya masuk, PKB menyebut koalisi yang digagas bersama PKS itu akan paten berubah menjadi Koalisi Naga Merah.