Kental dengan Adat Melayu dan Indahnya Danau Pading, Pemkab Bangka Tengah Siapkan Desa Perlang jadi Kampung Wisata Halal
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman saat menyambut peserta KHI 2022 di Danau Pading (ANTARA)

Bagikan:

BANGKA TENGAH - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk kampung wisata halal sebagai daya tarik sesuatu yang berbeda dan unik.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan, Desa Perlang sudah dipersiapkan sebagai kampung wisata halal.

"Desa Perlang kami proyeksikan menjadi kampung wisata halal karena didukung dengan objek wisatanya, kehidupan masyarakat dan masih kental dengan adat Melayu," katanya di Koba dilansir dari Antara, Jumat, 17 Juni.

Bupati juga mengatakan, bahwa objek wisata Danau Pading di Desa Perlang termasuk satu dari kawasan wisata yang akan disulap menjadi objek wisata halal.

"Danau Pading juga termasuk 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022 mewakili Provinsi Bangka Belitung," katanya.

Sebanyak 30 peserta KHI 2022 juga sudah berkunjung ke Danau Pading yang merupakan bekas penambangan bijih timah berusia ratusan tahun, kemudian berubah menjadi sebuah danau dengan air berwarna biru di bawah kaki Bukit Pading.

"Tentu kehadiran tamu peserta KHI memberikan dampak yang luar biasa, terutama menjadi ajang promosi," katanya.

Sebanyak 30 peserta KHI itu juga mengikuti kegiatan "nganggung" di masjid sebanyak 400 dulang.

"Nganggung ini adalah makan bersama di masjid, dimana masyarakat sekitar membawa makanan dari rumah masing-masing dengan menggunakan dulang (tempat aneka makanan siap saji)," kata bupati.