Dinkes Jemput Bola Kejar Cakupan Vaksinasi COVID-19 bagi Lansia di Bengkulu
Ilustrasi setelah disuntik vaksin COVID-19. (Unsplash)

Bagikan:

BENGKULU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu sedang melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia) untuk dosis kedua dan dosis ketiga.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan, upaya itu sebagai langkah mengejar cakupan vaksinasi di daerahnya.

Pasalnya vaksinasi dosis pertama untuk lansia di Bengkulu baru mencapai 77 persen. Untuk dosis kedua baru mencapai 58 persen dan dosis ketiga hanya 15 persen.

"Oleh karena itu, kami meminta kepada seluruh Dinas Kesehatan kabupaten dan kota untuk mengejar capaian vaksinasi bagi lansia. Kami melaksanakan vaksinasi agar seluruh lansia di Provinsi Bengkulu aman dan terhindar dari penyebaran COVID-19," kata Herwan di Bengkulu, dikutip dari Antara, Jumat 3 Juni.

Herwan menambahkan, dalam melakukan upaya percepatan vaksinasi bagi lansia, pihaknya melakukan vaksinasi massal dan jemput bola. "Kami juga melakukan pelayanan kesehatan pada lansia agar mereka sehat dan produktif," tuturnya.

Ia mengatakan, pihaknya menargetkan sebanyak 1,5 juta warga Provinsi Bengkulu divaksin dan hingga saat ini capaian vaksinasi hampir memenuhi target.

Saat ini vaksinasi di Provinsi Bengkulu untuk dosis pertama mencapai 92,81 persen, dosis kedua 73,83 persen, dan dosis ketiga 13,42 persen.

"Untuk capaian vaksinasi tertinggi di wilayah Provinsi Bengkulu, yakni Kabupaten Bengkulu Tengah dengan dosis pertama mencapai 101,38 persen, dosis kedua 82,68 persen, dan dosis ketiga 15,13 persen," tandasnya.