Pemadaman Karhutla di Nagan Raya Aceh Terkendala Sumber Air
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

NAGAN RAYA - Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Said Nazaruddin mengatakan upaya pemadaman kebakaran lahan gambut di kawasan Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur, terkendala keterbatasan sumber air.

“Sumber air menjadi kendala utama sulitnya memadamkan kebakaran lahan di Nagan Raya,” katanya dikutip Antara, Rabu, 1 Juni.

Dia mengatakan luas lahan gambut yang saat ini sudah terbakar di Kabupaten Nagan Raya mencapai seluas 23 hektare. Sebelumnya pada pekan lalu, luas lahan yang terbakar hanya tujuh hektare.

Said Nazaruddin mengatakan saat ini lahan terbakar yang sudah berhasil dipadamkan sekitar 20 hektare, dan sisanya seluas tiga hektare masih terus dilakukan upaya penyiraman oleh petugas.

Dia menjelaskan proses pemadaman api di lokasi kebakaran lahan gambut tersebut melibatkan personel BPBD Nagan Raya, TNI, Polri, Polhut, karyawan perusahaan perkebunan, dan masyarakat.

Karena sulit memperoleh sumber air, kata dia, maka pihaknya terpaksa mengarahkan mesin pompa air bersama TNI/Polri dibantu masyarakat untuk memadamkan api di lokasi kebakaran dengan harapan lahan gambut yang terbakar bisa secepatnya dipadamkan.