Bobby Nasution Pastikan Normalisasi Sungai Deli Medan Tahun Ini, Anggarannya dari Kementerian PUPR
Sejumlah petugas penyelamatan mengevakuasi warga memakai perahu karet akibat banjir kiriman di Medan, Senin (28/2/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan dana APBN untuk program normalisasi Sungai Deli pada tahun ini.

"Normalisasi dari Kementerian PUPR masih kita tunggu. Tahun ini setahu saya sudah dianggarkan dari Kementerian PUPR," kata dia di Medan dikutip Antara, Kamis, 31 Mei.

Selain itu, Pemko Medan saat ini tengah mendorong keterlibatan masyarakat setempat untuk membersihkan kawasan sepanjang daerah aliran sungai di Kota Medan dari sampah.

Bobby Nasution mengaku telah meminta izin kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II untuk melakukan gotong royong setiap akhir pekan yang bertujuan membersihkan sungai dari sampah.

Data Pemkot Medan menyebutkan terdapat 12 sungai yang mengelilingi Kota Medan dan mayoritas mengalami pendangkalan dan kondisinya kotor akibat dipenuhi sampah.

"Yang sedang kita galakkan hari ini keterlibatan masyarakat untuk sama-sama membersihkan area sungai, anak sungai, maupun parit yang rutin kita lakukan setiap minggunya," ucap Bobby.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Medan Haris Kelana Damanik sebelumnya meminta dilakukan normalisasi Sungai Deli guna meminimalisasi banjir kiriman akibat luapan sungai, terutama di kawasan Medan Utara.

"Ini sudah triwulan kedua, warga menunggu janji BWS Sumatera II yang difasilitasi saudara Wali Kota Medan untuk pengorekan Sungai Deli," kata dia.

Berdasarkan data BPBD Kota Medan, Senin (28/2), 56 kelurahan terdampak banjir dengan total 4.306 keluarga dievakuasi ke kantor lurah, sekolah, dan rumah ibadah di daerah itu.