Cuaca di Saudi Beda dengan di Papua, Kemenag Imbau Calon Haji Jayapura Persiapkan Diri
Ilustrasi ibadah haji. (Antaranews)

Bagikan:

JAYAPURA - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jayapura Steven Wonmaly mengimbau para calon haji di wilayahnya mempersiapkan diri untuk menunaikan ibadah di Makkah.

"Waktu keberangkatan ke Tanah Suci kurang dari satu bulan lagi, sehingga kami harap jemaah calon haji bisa menjaga kesehatan," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah yang diterima di Jayapura, Papua, Selasa 31 Mei.

Meski pemerintah sudah melonggarkan aturan pembatasan kegiatan masyarakat untuk mencegah penularan COVID-19, kata dia, anggota jemaah haji sebaiknya tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari risiko penularan penyakit.

"Saat sampai di Tanah Suci juga harus bersikap disiplin dengan protokol kesehatan yang diterapkan oleh Pemerintah Arab Saudi," tuturnya.

Dia mengemukakan bahwa warga yang hendak menunaikan ibadah haji sebaiknya mempersiapkan diri menghadapi kondisi lingkungan dan cuaca di Arab Saudi yang berbeda dengan kondisi lingkungan dan cuaca di Indonesia.

"Cuaca di sana cukup panas sehingga kami mengingatkan kepada jamaah calon haji agar siap dengan kondisi tersebut," imbaunya.

Selain itu, dia menyampaikan pentingnya anggota jemaah haji memperhatikan pemenuhan kebutuhan gizi menjelang keberangkatan dan selama berada di Tanah Suci.

Sebanyak 25 orang asal Kabupaten Jayapura akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 28 Juni 2022 untuk menunaikan ibadah haji. Mereka akan diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Terkait