Meski Meningkat Drastis Menjadi 23 Hektare, BPBD, TNI dan Polri Berhasil Jinakkan Karhutla Lahan Gambut di Nagan Raya
Petugas BPBD terus berupaya memadamkan api di lokasi kebakaran lahan gambut, di kawasan Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur (Via ANTARA)

Bagikan:

NAGAN RAYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mencatat 23 hektare lahan gambut berlokasi di Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya kini sudah terbakar.

Padahal pada pekan sebelumnya, luas lahan yang terbakar hanya sekitar tujuh hektare saja.

Sekretaris BPBD Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Said Nazaruddin mengatakan, dari total luas lahan yang sudah terbakar sudah berhasil dipadamkan seluas 20 hektare.

"Hanya tiga hektare lagi yang terus berupaya kita lakukan pemadaman,” kata Said Nazaruddin di Nagan Raya dilansir dari Antara, Senin, 30 Mei.

Dia mengatakan upaya pemadaman api di lokasi kebakaran lahan gambut melibatkan personel BPBD Nagan Raya, TNI, Polri, Polhut, karyawan perusahaan perkebunan serta kalangan masyarakat.

Said Nazaruddin mengatakan, adanya penambahan luas kebakaran lahan di Nagan Raya, disebabkan karena adanya penambahan lokasi kebakaran baru berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi awal kebakaran.

Untuk memadamkannya, pihaknya juga mengarahkan mesin pompa air dan bersama TNI-Polri di bantu masyarakat untuk memadamkan api di lokasi kebakaran.

“Kami masih terus berupaya memadamkan api, sehingga diharapkan amukan api segera bisa dihentikan,” demikian Said Nazaruddin.