Ketua KPU Temui Kapolri, Bahas Proses Pemilu dan Pilkada 2024
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar pertemuan di Mabes Polri./FOTO: RIZKY ADYTIA-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar pertemuan di Mabes Polri.

Keduanya membahas proses penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, terutama soal pengamanan.

"Terutama yang berkaitan pengamanan kegiatan Pemilu 2024 dan Pilkada 2024," ujar Hasyim kepada wartawan, Senin, 23 Mei.

Pembahasan pengamanan menjadi salah satu yang penting. Sebab, kegiatan pesta demokrasi ini melibatkan banyak orang, sehingga muncul potensi terjadinya permasalahan.

Pengamanan akan dilakukan sejak tahapan awal yang rencananya bergulir pada 14 Juni 2022.

"Untuk mengamankan di antaranya seperti kegiatan pengadaan, kemudian produksi dan distribusi logistik. Kemudian pengamanan kampanye, pengamanan giat pemungutan, penghitungan suara, sampai rekapitulasi di tingkat nasional," ungkapnya.

Selain pengamanan, dalam pertemuan itu juga membahas soal mekanisme penerbitan surat catatan kepolisian bagi para calon. Sebab, hal itu merupakan salah satu syarat wajib yang mesti dilengkapi.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut pihaknya siap membantu KPU untuk menciptakan Pemilu dan Pilkada 2024 yang aman dan nyaman.

Apalagi gelaran pesta demokrasi nanti tak menutup kemungkinan akan lebih kompleks. Sebab, kedua proses pemilihan baik di tingkat daerah dan nasional digelar secara serentak.

"Yang tentunya karena kita tahu bahwa Pemilu tahun 2024 ini jauh lebih kompleks, karena memang dari sisi penyelenggaraan yang serentak. Sehingga perlu persiapan pengamanan yang lebih awal, dan tentunya terkait dengan proses pengamanan baik dari mulai hal-hal yang bersifat administrasi sampai dengan hal-hal yang sifatnya pengamanan fisik di lapangan," kata Sigit.