Jakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Dunia Asosiasi Penerbit Internasional 2022
Wagub DKI Jakarta Riza Patria/VOI -Diah Ayu

Bagikan:

JAKARTA - DKI Jakarta dipilih menjadi tuan rumah Kongres Dunia Asosiasi Penerbit Internasional atau International Publishers Association World Congress (IPA World Congress) ke-33 Tahun 2022.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria usai menerima kedatangan Delegasi Komite Eksekutif dan Panitia Pelaksana IPA World Congress 2022.

"Atas nama Pemprov DKI Jakarta, saya dengan senang hati menyambut baik kehadiran para Delegasi Komite Eksekutif IPA di Jakarta. Alhamdulillah tahun 2022 ini, Jakarta mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah Kongres Dunia IPA 2022, yang merupakan acara dua tahunan terbesar untuk mengumpulkan federasi penerbit di seluruh dunia," kata Riza di Balai Kota DKI, Selasa, 17 Mei.

Riza mengatakan, ditetapkannya Jakarta sebagai tuan rumah IPA 2022 menunjukkan tahap awal yang menentukan dalam perkembangan industri penerbitan dan perbukuan di Indonesia.

Kongres Dunia IPA yang akan diselenggarakan ini, lanjut Riza, juga dilangsungkan untuk membangun platform bagi penerbit dunia untuk menyuarakan, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam isu-isu penting tentang industri, tantangan, dan peluangnya, terutama di era pascapandemi.

"Ditambah dengan terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah Kongres Asosiasi Penerbit Internasional ke-33 (IPA World Congress), tentunya akan membuka banyak kerja sama yang harmonis para penerbit dan pelaku industri perbukuan bukan hanya di Indonesia tapi juga seluruh dunia," ujarnya.

Diharapkan Kongres Dunia IPA 2022 nantinya dapat menjadi ajang untuk bisa memberikan semangat, bertukar ide, dan membuka ruang kreatif pascapandemi yang terjadi di seluruh dunia. Melalui kongres ini juga ke depannya Jakarta akan bisa menjadi sebuah hub bagi kegiatan literasi, budaya, dan seni di Indonesia khususnya dan Asia Tenggara pada umumnya.