Angkasa Pura II Catat Pemanfaatan <i>Extra Flight</i> Hampir Mencapai 50 Persen dari Permohonan selama Periode Mudik Lebaran
Ilustrasi penerbangan di Soekarno-Hatta. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura II selaku operator 20 bandara, telah menerima permohonan extra flight penerbangan charter dan berjadwal pada periode 20 April hingga 10 Mei 2022 atau selama libur Lebaran. Secara kumulatif permohonan itu berjumlah sebanyak 1.008 penerbangan di seluruh bandara AP II dari berbagai maskapai.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, dari permohonan extra flight tersebut, sebanyak 494 extra flight telah digunakan maskapai hingga 6 Mei 2022.

"Pemanfaatan extra flight hampir mencapai 50 persen dari permohonan, di mana rasio ini cukup tinggi karena biasanya pemanfaatan extra flight pada periode peak season berkisar 20-30 persen," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Sabtu, 7 Mei.

Penyelenggaraan angkutan lebaran pada tahun ini disambut dengan baik para pemudik dan pekerja bandara, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia dalam melayani para pemudik.

Fajri Ramdhani, penumpang pesawat yang melakukan perjalanan Jambi-Jakarta-Jambi menuturkan, pelayanan operator bandara dan penerbangan sejauh ini cukup baik.

"Sejauh ini tidak ada masalah. Penerbangan (saat tiba pada periode arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta) juga lancar tidak ada keterlambatan. Terima kasih buat pengelola bandara untuk pelayanannya, sudah baik, sudah maksimal," ujarnya.

Tak hanya itu, Fajri juga mengapresiasi adanya Airport Health Centre di bandara AP II yang menyediakan layanan tes COVID-19.

Kelancaran angkutan lebaran 2022 di Bandara Soekarno-Hatta tidak lepas dari kesigapan para personel bandara. Dody Prasetyo, Aviation Security di Terminal 2, mengaku sangat bangga bisa melayani para pemudik meskipun waktu bersama keluarga berkurang karena harus bertugas saat libur Lebaran.

"Alhamdulilah penumpang meningkat pada angkutan Lebaran tahun ini. Bahagia bisa melayani para pemudik untuk kembali ke kampung halaman. Meskipun bertugas di hari lebaran tapi ini kebanggaan bagi kami bisa melayani para pemudik," ujar Dody.

Terkait