Penuh Sesak, Ada Satu Juta Orang Kunjungi Tempat Wisata di Garut Saat Libur Lebaran
Sejumlah pengunjung bermain di Taman Air Sabda Alam, Cipanas, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/Feri Purnama)

Bagikan:

GARUT - Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan berdasarkan hasil laporan, angka kunjungan ke sejumlah tempat wisata yang ada di Kabupaten Garut, Jawa Barat selama libur Hari Raya Lebaran mencapai lebih dari satu juta orang, terjadi lonjakan di luar prediksi pemerintah setempat.

"Berdasarkan laporan dari sejumlah pengelola tempat wisata, baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta, pada tahun ini lebih dari 1 juta pengunjung yang masuk ke tempat-tempat wisata di Garut," kata Helmi usai meninjau objek wisata Darajat di Garut dilansir Antara, Jumat, 6 Mei.

Ia menuturkan momentum libur Lebaran 1443 Hijriah membuat objek wisata yang ada di Garut ramai oleh pengunjung dari berbagai daerah, termasuk wisatawan lokal Garut.

Angka satu juta pengunjung itu, kata dia, hasil dari perhitungan dan laporan setiap pengelola wisata seperti di Cipanas Garut, Situ Bagendit, Darajat, wisata pantai dan objek wisata lainnya.

"Pada tiga hari libur Lebaran ini memang sangat banyak dibandingkan dengan pandemi tahun lalu, lebih banyak sekarang, kalau waktu pandemi kan sepi pengunjung ke Garut," katanya.

Ia menyampaikan pemerintah daerah sebelumnya memprediksi akan terjadi lonjakan arus kendaraan pemudik sebanyak 400 ribuan kendaraan, namun hasilnya melebih angka prediksi.

"Di luar dugaan kita memprediksi di awal-awal kendaraan melewati Kabupaten Garut 400 ribu mobil kendaraan, dan dengan kunjungan wisata sepertinya lebih dari itu," katanya.

Tingkat kunjungan yang banyak itu tentunya memberikan keuntungan bagi Garut karena mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Namun sisi lainnya, kata dia, justru menimbulkan banyak sampah yang berserakan di tempat wisata, seperti yang terjadi di objek wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi sehingga mengganggu kenyamanan dan keindahan wisata.

"Untuk ke depan karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang tentu ini harus diperhatikan oleh semua, termasuk oleh pengelola yaitu masalah sampah," katanya.

Salah satu destinasi wisata unggulan di Cipanas Garut yakni Taman Air Sabda Alam yang pada musim libur Lebaran cukup ramai oleh pengunjung dari berbagai kalangan usia maupun daerah.

General Manager Sabda Alam Garut Wenny Agustiany mengatakan adanya kebijakan pemerintah yang melonggarkan kegiatan masyarakat telah memberikan dampak positif bagi pelaku usaha wisata yaitu terjadi peningkatan kunjungan.

Secara persentase kunjungan wisatawan ke Taman Air Sabda Alam naik mencapai 50 bahkan sampai 100 persen dibandingkan dengan musim libur Lebaran tahun sebelumnya.

"Periode Lebaran tahun ini luar biasa, setelah adanya pelonggaran dengan adanya level 1 ini menjadi angin segar bagi kita pelaku wisata," katanya.