Arus Mudik Lebaran 2022 di Temanggung Masih Normal, Kapolres Prediksi Puncak Kepadatan Malam Ini
Seorang polisi mengatur lalu lintas di kawasan Tugu Pancasila Temanggung. (ANTARA/Heru Suyitno)

Bagikan:

TEMANGGUNG - Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin mengatakan arus mudik Lebaran 2022 yang melintas wilayahnya masih normal. Hingga H-4 Lebaran peningkatan masih belum signifikan.

"Berdasarkan pantauan di lapangan, kondisi kepadatan arus lalu lintas masih normal walaupun ada peningkatan tetapi tidak terlalu signifikan," katanya di Temanggung, dikutip dari Antara, Kamis 28 April.

Ia menyampaikan secara kasar peningkatan arus mudik di Kabupaten Temanggung sekitar 5 hingga 10 persen.

Burhanuddin menuturkan puncak arus mudik diperkirakan pada Kamis malam sampai tiga hari ke depan.

Ia menyebutkan selama kegiatan arus mudik dan balik Lebaran 2022, Polres Temanggung menyiapkan lima pos, terdiri atas satu pos terpadu, satu pos pelayanan, dan tiga pos pengamanan.

Sejumlah pos tersebut berada di Pringsurat, Kranggan, Terminal Madureso, Taman Pancasila, dan Parakan.

Ia mengimbau kepada masyarakat atau pemudik, sebelum berangkat supaya, mengecek kelengkapan kendaraan sudah benar-benar lengkap, kemudian secara fisik siap berkendaraan, dan kemudian patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Kasat Lantas Polres Temanggung AKP Komang Karisma menyampaikan peningkatan arus lalu lintas saat ini terutama arus lalu lintas lokal dan kendaraan dari luar kota sudah ada tetapi belum begitu banyak.

Ia menyampaikan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di tengah kota, terutama di depan Pasar Kliwon maka dilakukan rekayasa arus lalu lintas.

Dalam rekayasa arus lalu lintas tersebut, dilakukan pengalihan arus lalu lintas dari arah timur di Taman Pancasila ke arah Jalan WR. Supratman kemudian masuk Jalan A. Yani yang biasanya satu arah dijadikan dua arah.