Pemudik Melalui Pelabuhan Tanjung Pandan Meningkat pada H-5 Lebaran
Kapal cepat Ekpress Bahari di Pelabuhan Tanjung Pandan tengah bersadar. ANTARA/Kasmono

Bagikan:

BANGKA BELITUNG -Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Tanjung Pandan Iswandi mengatakan pemudik yang menggunakan kapal di Pelabuhan Tanjung Pandan meningkat pada H-5 Lebaran 2022 atau Rabu 27 April.

"Terhitung H-5 lebaran arus mudik di Pelabuhan Tanjung Pandan mulai mengalami meningkat dari 149 orang pemudik meningkat menjadi 189 orang. Jumlah tersebut diprediksi masih mengalami peningkatan pada saat mendekati hari lebaran," kata Iswandi di Tanjung Pandan, Rabu 27 April.

Menurut dia, ratusan pemudik tersebut berangkat menggunakan kapal cepat Express Bahari 3 E dengan tujuan Pelabuhan Pangkal Balam Kota Pangkal Pinang.

Iswandi menambahkan, sebagian pemudik memilih berangkat lebih awal menuju kampung halamannya guna menghindari keramaian atau penumpukan penumpang di pelabuhan.

"Kami prediksi arus penumpang akan terus mengalami peningkatan selama beberapa hari ke depan," ujarnya.

Iswandi menambahkan, puncak arus mudik di pelabuhan itu diperkirakan akan berlangsung pada H-3 lebaran. "Sedangkan arus balik kami prediksi akan berlangsung pada H+3 lebaran," ujarnya.

Ia mengimbau, kepada para pemudik agar dapat melengkapi dokumen perjalanan yang telah diatur sesuai ketentuan. "Kemudian kami imbau agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan mudik guna mengantisipasi penyebaran COVID-19," tandasnya.