BMKG: Sumsel Diprakirakan Hujan Intensitas Sedang Hingga Lebat
Pengendara menerobos hujan lebat saat melintas di jalan protokol Palembang. (ANTARAFOTO/Nova Wahyudi)

Bagikan:

PALEMBANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan cuaca wilayah setempat mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, Rabu, 27 April.

Pada pagi hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang di wilayah Kabupaten Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, Lubuk Linggau, Muara Enim, Musi Rawas Utara dan Musi Banyuasin.

Sedangkan yang berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari di wilayah Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Ogan Ilir dan Prabumulih.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), OKU Timur, Ogan Ilir, Palembang, Muara Enim, Banyuasin dan Musi Banyuasin.

Sedangkan yang berpotensi hujan ringan di wilayah OKU, OKU Selatan, Lahat, Musi Rawas dan Empat Lawang.

Pada dini hari cuaca diprakirakan berawan di seluruh wilayah Sumsel yang meliputi 17 kabupaten/kota.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 33 °C, kelembapan udara 60 persen - 97 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 21 – 32 °C, kelembapan udara 65 persen - 100 persen.

Angin bergerak dari Barat – Timur Laut dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Bangka bagian Utara, di Selat Bangka bagian Selatan 0,1 - 0,5 meter, dan Selat Gelasa 0,5 - 1,25 meter. Cuaca diprakirakan hujan ringan dan arah angin dari Tenggara - Barat Laut dengan kecepatan 4 - 34 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG Sumsel mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga malam.

Adapun wilayahnya meliputi OKI, OKU Timur, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir, Musi Rawas, Muara Enim dan Palembang. Demikian dilansir Antara.