IDI: 130 Dokter Meninggal Dunia akibat Pandemi COVID-19, 110 adalah Laki-Laki
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebut ada tiga dokter yang meninggal dunia akibat COVID-19. Kejadian ini menjadikan total dokter yang meninggal akibat virus tersebut saat ini telah mencapai 130 orang.

Sebanyak 130 dokter yang wafat, terdiri dari 67 Dokter Umum dengan 4 diantaranya merupakan guru besar, 61 dokter spesialis dengan 4 di antaranya adalah guru besar, serta 2 orang residen. Keseluruhan dokter tersebut berasal dari 18 IDI Wilayah (provinsi) dan 61 IDI Cabang ( Kota/Kabupaten). 

"Kehilangan para tenaga kesehatan merupakan kerugian besar bagi sebuah bangsa terutama dalam mempertahankan dan pengembangan aspek kesehatan. Jumlah tenaga kesehatan terutama dokter di Indonesia sebelum pandemi COVID sudah merupakan salah satu yang terendah di Asia dan dunia. Dengan jumlah dokter yang ada, rata-rata 1 orang dokter diestimasikan melayani 3,000 masyarakat. Dengan banyaknya korban dari pihak tenaga kesehatan saat ini, maka ke depannya layanan kesehatan pada pasien baik COVID maupun non COVID akan terganggu karena kurangnya tenaga medis," kata Wakil Ketua Tim Mitigasi PB IDI Ari Kusuma dalam pernyataannya, Sabtu, 3 Oktober

Berdasarkan data yang ada, dari total dokter yang telah meninggal dunia sebanyak 110 orang adalah laki-laki atau 84,6 persen sementara perempuan berjumlah 20 orang atau 15,4 persen.

Selanjutnya, dilihat dari akun Instagram Tim Mitigasi IDI @timmitigasiidi, angka dokter yang paling banyak meninggal dunia akibat COVID-19 adalah dokter umum sejumlah 67 orang. Selanjutnya spesialis penyakit dalam delapan orang, spesialis bedah tujuh orang, spesialis obgyn dan spesialis pediatri masing-masing enam orang.

Berikutnya spesialis THT dan KL serta psikiatri masing-masing empat orang. Kemudian dilanjutkan dengan spesialis anastesi, orthopedi, paru, neurologi, dan radiologi masing-masing tiga orang. 

Selain itu ada juga spesialis bedah sarah dan bedah anak masing-masing dua orang kemudian ada juga spesialis famakologi klinis, kedokteran fisik, urologi, kedokteran okupasi, mata, residen interna, residen pediatri, patologi klini, dan spesialis jantung serta pembuluh darah masing-masing satu orang.

Untuk sebaran kematian dokter di Indonesia, terbanyak terjadi di Jawa Timur dengan 31 orang. Selanjutnya disusul dengan Sumatera Utara 22 orang, DKI Jakarta 19 orang, Jawa Barat 11 orang, Jawa Tengah sembilan orang, Sulawesi Selatan enam orang, dan Bali lima orang.

Kemudian ada juga di Sumatera Selatan, Aceh, dan Kalimantan Selatan masing-masing empat dokter. Berikutnya Kalimantan Timur dan Riau tiga orang masing-masing.

Dilanjutkan Kepaluan Riau, Nusa Tenggara Barat, dan DI Yogyakarta masing-masing dua dokter serta Papua Barat, Banten, kemudian Sulawesi Utara masing-masing satu orang.

Data Tim Mitigasi IDI juga mencatat lima kota yang mencatatkan angka kematian dokter tertinggi yaitu Kota Medan 14 orang, Kota Surabaya 10 orang, Kota Jakarta Selatan delapan orang, Kota Jakarta Timur enam dokter, dan Kota Makassar serta Malang Raya masing-masing lima dokter.

Di tengah lonjakan kasus tersebut, IDI meminta masyarakat, juga berbagai pihak untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di luar rumah. Masyarakat diminta melaksanakan 3M, yaitu Menggunakan masker, Mencuci tangan dan Menjaga Jarak.

"Disiplinkan diri Anda untuk menggunakan masker dan melaksanakan 3M dalam kehidupqn sehari-hari seraya mengingatkan keluarga, teman, ataupun rekan kerja dan orang terdekat lainnya untuk menerapkan hal yang sama," tegas Eka.