Bareskrim Bakal Tanya Fakarich Mentor Indra Kenz soal Aliran Dana
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan/FOTO: DOK Humas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich tiba-tiba datang ke Bareskrim. Polri menyebut dia akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk didalami perihal aliran dana hingga hubungannya dengan tersangka Indra Kenz.

"(Pemeriksaan, red) Terkait aliran dana yang mengalir dari F ke saudara IK," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Senin, 4 April.

Dalam pemeriksaan itu, penyidik bakal mendalami hubungan Fakar dengan Indra Kenz. Sebab, pria dengan sapaan Fakarich itu kerap disebut sebagai mentor Indra Kesuma.

"Saat ini proses masih berlanjut yang bersangkutan diperiksa terkait hubungannya dengan tersangka IK," ungkapnya.

Kedatangan Fakar ke Bareskrim, lanjut Ramadhan, sebenarnya di luar agenda pemeriksaan. Sebab, dia telah mangkir di dua jadwal pemeriksaan pada 21 dan 31 Maret.

Sebelumnya, penyidik berencana membawa paksa Fakarich. Panggilan paksa ini dilakukan setelah mentor Indra Kenz tak hadir di dua jadwal pemeriksaan.

Penjemputan paksa terhadap Fakar pun sudah sesuai Kitab Hukum Acara Pidana (KUHAP). Penyidik juga sudah menerbitkan surat perintah membawa.

"Penyidik berusaha untuk melakukan jemput paksa," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli.

Fakar Suhartami Pratama dikabarkan merupakan mentor atau guru Indra Kenz. Dia disebut mengajarkan Crazy Rich Medan ini agar menjadi afiliator.

"(Mentor Indra Kenz, red) informasinya Fakar," kata Whisnu.

Fakar juga diduga sebagai sosok yang mengajarkan Indra Kenz untuk menghilangkan barang bukti, termasuk ponsel dan pemindahan saldo ke rekening lain agar tak terlacak.

"Mungkin ya, kita tidak bisa menyimpulkan secara langsung ya," ungkapnya.