Cegah Kejahatan Saat Ramadan, Polres OKU Bentuk Tim Gabungan
Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) AKBP Danu Agus Purnomo/Foto: Antara

Bagikan:

OKU - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyiagakan sebanyak 80 personel gabungan terdiri atas anggota Satreskrim, Satuan Intel, Satlantas dan Satshabara untuk pengamanan selama Ramadhan 1443 Hijriah.

"80 personel ini termasuk bertugas mengantisipasi kejahatan curat, curas, dan curanmor (3C)," kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) AKBP Danu Agus Purnomo di Baturaja, Senin 4 April.

Puluhan tim gabungan ini akan melakukan patroli di seluruh wilayah hukum Polres OKU untuk memberikan rasa aman bagi umat Muslim selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Untuk mekanisme pelaksanaan patroli, kata dia, dilaksanakan setiap hari dimulai pada pukul 15.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Kemudian, patroli dilanjutkan pada pukul 19.00 WIB untuk mengantisipasi terjadinya aksi pencurian di rumah kosong yang ditinggal ibadah penghuninya hingga pukul 22.30 WIB.

Selanjutnya, tim kembali bergerak pada pukul 03.30 WIB hingga pukul 06.00 WIB yang fokus pada aksi balap liar oleh sejumlah pemuda usai sahur.

"Hal ini juga menjadi perhatian karena momen setelah sahur sering diwarnai aksi balap liar di beberapa titik wilayah Kota Baturaja sehingga harus antisipasi," katanya dikutip Antara.

Sementara, untuk tim Satuan Lalulintas mempunyai peran sendiri yakni melakukan pengamanan terhadap kemacetan jalan raya di beberapa titik yang disinyalir akan dipadati pengunjung maupun pembeli kuliner khas Ramadhan.

"Seperti di Taman Kota, itukan ada pasar bedug. Titik ini dipastikan akan ramai dan terjadi kemacetan arus lalulintas," ujarnya.

Selain itu, anggota juga akan melakukan pengamanan di rumah ibadah untuk mengantisipasi terjadinya aksi pencurian kendaraan bermotor yang diparkir saat pemiliknya melaksanakan shalat di masjid ataupun mushalla.