Kabar Baik 115 Rumah Warga yang Rusak Akibat Puting Beliung di Babel Dapat Bantuan 779 Keping Asbes
Rumah rata tanah akibat puting beliung di Bangka Belitung. (Antaranews)

Bagikan:

BABEL - Warga yang rumahnya rusak akibat angin puting beliung di Desa Baturusa, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mendapat bantuan asbes untuk atap rumah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka menyalurkan sedikitnya 779 keping atap rumah berbahan asbes untuk rumah warga yang rusak akibat bencana alam pada Sabtu 26 Maret, pukul 14.30 waktu setempat.

"Tidak ada korban jiwa atas musibah bencana alam tersebut, kerugian materiil ditaksir mencapai puluhan juta rupiah," kata Kepala BPBD Bangka Nursi di Sungailiat, Rabu 30 Maret, melansir Antara.

Nursi menambahkan, angin kencang menyebabkan 115 rumah warga mengalami kerusakan berat dan ringan, satu unit bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) satu rusak ringan, satu unit stadion rusak ringan dan satu unit bangunan parkir Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) PT Timah rusak ringan.

Bantuan atap asbes tersebut dibagikan kepada warga yang rumahnya rusak dengan jumlah disesuaikan ketersediaan jumlah bantuan.

Dia mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemetaan wilayah rawan bencana meliputi wilayah rawan banjir di beberapa titik di Kota Sungailiat, angin puting beliung di Kecamatan Pemali dan wilayah rawan tanah longsor.

"Saya mengingatkan masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana agar benar-benar memperhatikan kondisi lingkungan seperti segera menebang pohon yang tinggi berdekatan dengan permukiman dan memperhatikan saluran air jangan sampai terjadi penumpukan sampah," katanya.

Untuk mengoptimalkan penanggulangan dan penanganan bencana kata dia, pihaknya melakukan koordinasi dengan seluruh pemerintah kecamatan, kelurahan dan pemerintah desa termasuk dengan relawan.