Camat Teor Maluku Selamat Usai Kapal Cepat Terbalik di Perairan Pulau Bam, Tim SAR Masih Mencari 8 Korban Lain
Tim SAR melanjutkan upaya pencarian korban kecelakaan kapal cepat di wilayah perairan antara Pulau Baam dan Pulau Teor (Via ANTARA)

Bagikan:

AMBON - Kantor Pencarian dan Pertolongan mengerahkan pesawat dan kapal untuk mencari delapan dari 13 korban kecelakaan kapal cepat di wilayah perairan antara Pulau Bam dan Teor di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon, Mustari mengatakan, satu pesawat terbang milik pengawas perikanan dikerahkan untuk memantau lokasi kecelakaan kapal dari udara.

KN SAR Abimanyu dan Kapal Angkatan Laut Panana milik Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Ambon juga dikerahkan menuju ke lokasi kejadian kecelakaan untuk mendukung upaya pencarian.

"Selain itu, ada Kapal Patroli (KP) Paus milik pengawas perikanan yang digunakan untuk membantu operasi pencarian di wilayah perairan Pulau Baam dan Pulau Teor," ujar Mustari di Kota Ambon, Antara, Jumat, 25 Maret.

Kapal cepat yang digunakan oleh Camat Teor bersama enam pegawai Inspektorat dan Bappeda Kabupaten SBT dan enam warga mengalami kecelakaan pada 23 Maret 2022 di perairan yang berada di antara Pulau Baam dan Pulau Teor.

Kapal cepat berangkat dari Desa Tanah Baru di Kecamatan Kasui Watebula, menuju ke Kecamatan Teor.

Lima penumpang kapal termasuk Camat Teor, Indah Adhayati Rumakway selamat dari kecelakaan itu dan delapan lainnya masih dalam pencarian.

Mustari menjelaskan, Tim Pos SAR Tual melakukan upaya pencarian dari udara menggunakan pesawat ATR 42-300 PK-YRE milik Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tual.

Ia menambahkan, unit pencarian dan pertolongan dua melakukan pencarian menggunakan KP Paus dan unit pencarian dan pertolongan tiga menggunakan KN SAR Abimanyu menuju ke Pulau Teor untuk melaksanakan operasi SAR.

"Semoga hari ini tim SAR gabungan bisa cepat menemukan tanda-tanda keberadaan korban dan korban bisa segera dievakuasi dalam keadaan selamat," kata Mustari.