BKSDA Jambi Telusuri Jejak Tapak Harimau 'Datuk Belang' di Bajubang Batanghari
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

BATANGHARI - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi Resor Batanghari turun ke lapangan untuk menelusuri jejak kaki harimau yang ditemukan di Desa Batin Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi.

"Iya, setelah dicek ternyata memang benar ada jejak kaki harimau di jalan kebun karet Nes 6 Desa Batin, Kecamatan Bajubang," kata Kepala Resor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Batanghari, Sahat Purba di Batanghari dilansir Antara, Rabu, 22 Maret.

Tim BKSDA Resor Batanghari sebelumnya mendapat laporan warga terkait adanya bekas jejak kaki binatang yang diduga kaki harimau.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Batin Ulul Azmi Azzrie mengatakan jejak kaki harimau tersebut ditemukan warga setempat.

"Dua hari yang lalu jejak kaki harimau itu ditemukan, setelah itu saya langsung menghubungi BKSDA, alhamdulillah langsung direspons dan tepatnya hari Selasa (22/3) Tim BKSDA mendatangi Desa Batin," katanya.

Ulul Azmi mengatakan satwa yang oleh warga setempat biasa disebut 'Datuk Belang' itu diperkirakan sudah berusia dewasa dan spesies harimau tersebut belum tahu pasti jenisnya.

- https://voi.id/berita/148999/jokowi-perbolehkan-masyarakat-mudik-lebaran-ke-kampung-halaman-asalkan-sudah-vaksin-booster

- https://voi.id/berita/148807/wapres-tegaskan-ketenagakerjaan-masih-jadi-isu-utama-di-indonesia

- https://voi.id/berita/148768/menko-pmk-soal-mudik-lebaran-tahun-ini-boleh-diutamakan-yang-sudah-vaksin-2-kali

- https://voi.id/berita/148716/bareskrim-tingkatkan-kasus-penistaan-agama-saifuddin-ibrahim-ke-penyidikan

[/see_also]

Sementara jejak kaki harimau tersebut ditemukan di jalan perkebunan menuju ke kebun karet warga.

"Saya ikut turun saat BKSDA datang, saya melihat di jalan itu cuma ada beberapa jejak kaki. Harimau tersebut sepertinya meloncat ke kebun warga setempat. Kalau sudah mengarah ke kebun tidak bisa terdeteksi lagi jejaknya karena banyak rerumputan," ujarnya.

Terkait penemuan jejak kaki harimau, Tim BKSDA Jambi mengimbau masyarakat yang beraktvitas di kebun untuk tidak bepergian ke kebun sendirian.

"Seluruh warga Desa Batin untuk lebih waspada dan berhati-hati bila hendak ke kebun karet atau sawit, jika ingin ke kebun minimal dua orang, jangan sendirian," kata petugas BKSDA Resor Batanghari.