'Suntik Dapat Minyak Goreng,' Upaya Pemprov Kalteng Genjot Cakupan Vaksinasi
Ilustrasi (dok. Antara)

Bagikan:

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berinisiatif untuk memberikan gift berupa minyak goreng untuk setiap warganya yang mau mengikuti vaksinasi COVID-19, di Puskesmas Madurejo, Kabupaten Kotawaringin Barat, Sabtu, 19 Maret.

"Minyak goreng ini dari pemerintah provinsi, melalui Badan Penanggulangan Bencana," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul, sebagaimana dilansir Antara, Sabtu, 19 Maret.

Menurut Suyuti, pemberian paket minyak goreng ini sengaja dilakukan guna menarik minat masyarakat agar mau mengikuti program vaksinasi dari pemerintah. Aturannya adalah setiap warga yang telah mendapatkan suntikan vaksin akan menerima satu paket minyak goreng kemasan satu liter.

Pemprov Kalteng sejauh ini disebut Suyuti memang terus mengambil sejumlah langkah dan strategi guna mempercepat proses vaksinasi untuk mencapai target kekebalan kelompok masyarakat.

Keruan saja, pelaksanaan vaksinasi berhadiah minyak goreng ini langsung mendapat respons positif dari masyarakat. Kegiatan ini bisa terlaksana atas kerjasama Dinas Kesehatan Kalteng dengan Puskesmas Madurejo sebagai pelaksana di lapangan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat, Syahruni, menyampaikan bahwa jumlah minyak goreng yang tersedia pada vaksinasi kali ini sebanyak 550 kemasan.

"Minyak goreng bantuan dari Pemprov Kalteng ini kemudian disalurkan melalui Puskesmas Madurejo kepada masyarakat," ujar Syahruni.

Program vaksinasi yang digelar kali ini tidak hanya ditujukan kepada masyarakat setempat, namun juga untuk masyarakat umum, yang meliputi vaksin dosis satu, dosis dua dan juga dosis tiga atau booster.

"Kami bersyukur bahwa antusiasme masyarakat sangat luar biasa untuk bisa mengikuti vaksinasi ini," tegas Syahruni.