Sawah Bergambar Wajah Ganjar Pranowo Segera Diubah Jadi Desa Wisata
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bilang, lokasi sawah yang bergambar wajahnya akan dijadikan desa wisata.

Dia menyampaikan rencana tersebut saat mengunjungi langsung sawah yang terletak di salah satu desa di Ungaran, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

"Jadi ini sebenarnya tidak hanya cerita orang menanam padi, bagaimana menanam di lahan yang sempit ini ada karya seni ada nilai tambahnya. Dan Mas Gun (Sidik Gunawan) ini menciptakan satu karya kebetulan hari ini wajah saya, ternyata dikombinasikan dengan jenis padi yang ada di sini," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Jumat 18 Maret.

Seorang petani dan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Sidik Gunawan menyita perhatian lantawan menyajikan seni pari corek yang bergambar wajah Ganjar sedang tersenyum. Dia menggunakan padi pari luwung dari varietas black madras.

Ganjar menjelaskan alasan menjadikan lokasi sawah tersebut menjadi desa wisata untuk melestarikan seni pari corek. Dia berkata prosesnya sudah berjalan dan tinggal dimatangkan.

Ganjar juga meminta agar tanaman yang ditanam di sawah tersebut tidak hanya padi saja.

"Sudah, sudah dimulai, sudah di-create tinggal dikembangkan saja. Tinggal kita mendetailkan sehingga perlu orang yang menata lanskap untuk pariwisata. Kemudian kontennya ini dan ini pasti tanamannya nggak mungkin padi pari pantun alias padi melulu. Ada selingan biar hamanya terkendali," tandasnya.

Di sisi lain, Ganjar sempat menghubungi Bupati Semarang Ngesti Nugraha agar Pemerintah Kabupaten memberikan lahan kepada Pokdarwis untuk mengembangkan seni pari corek di sawah-sawah Kabupaten Semarang.

"Tadi saya sudah telepon Pak Ngesti, Bupati Semarang, agar seluruh lahan ini bisa dipakai. Nah Pokdarwis-nya kita minta untuk mengelola. Tadi kita sudah berembuk, agar ada serial," tutur Ganjar Pranowo yang berasal dari PDI Perjuangan itu.