Peringatan untuk Warga Sumsel dari BMKG, Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir
Pengendara menerobos hujan di jalan protokol Palembang, Sumsel. (ANTARA/Nova Wahyudi)

Bagikan:

PALEMBANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan meminta warga setempat mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang, Rabu, 16 Maret agar tidak menjadi korban jika peristiwa tersebut berdampak bencana.

Demikian disampaikan BMKG Sumsel dalam keterangan resmi dilansir Antara, menyebutkan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga sore hari di wilayah Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, OKU, Muara Enim, Lahat, dan Musi Rawas.

Pada malam hari di wilayah Musi Rawas, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dan Prabumulih, sedangkan pada pagi hari cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Banyuasin dan Banyuasin.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang-lebat di wilayah Musi Banyuasin, OKU Selatan, OKU, Muara Enim, Lahat dan Musi Rawas, sedangkan wilayah berpotensi hujan ringan di Banyuasin, Palembang, Ogan Ilir, OKU Timur, Empat Lawang, Pagar Alam, dan Lubuk Linggau.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga potensi hujan sedang-lebat di wilayah Musi Rawas, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, OKI, Ogan Ilir, PALI dan Prabumulih, sedangkan potensi hujan ringan di wilayah OKU, Muara Enim, dan Musi Rawas Utara.

Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Banyuasin, Palembang, OKI, Ogan Ilir, dan Musi Rawas Utara.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23-32 derajat celsius, kelembapan udara 65-98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan 19-31 derajat celsius, kelembapan udara 65-100 persen, dan angin dari barat ke barat laut dengan kecepatan 5-25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 0,5-1,25 meter, Selat Bangka bagian utara dan Selat Bangka bagian selatan 0,1-0,5 meter. Cuaca diprakirakan hujan ringan hingga sedang. Arah angin dari barat-timur laut dengan kecepatan 5-22 km/jam.