Kata KSAD Jenderal Dudung, 'Pemimpin yang Hebat Itu Dicintai Anak Buah dan Mencintai Anak Buah'
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman (Foto via Dispenad)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman punya konsep bagaimana menjadi seorang pemimpin yang hebat. Kata Jenderal Dudung, pemimpin yang hebat itu pemimpin yang dicintai anak buahnya.

Bagi Dudung, Tuhan menjadikan seseorang sebagai pemimpin untuk menjalankan amanah. Makanya, kata dia, manfaatkan kesempatan menjadi pemimpin untuk berbuat baik kepada anak buah.

"Pemimpin yang hebat itu pemimpin yang dicintai anak buah dan yang lebih hebat lagi jika pemimpin bisa mencintai anak buah," ucap KSAD Dudung di depan seluruh Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam II/Sriwijaya di Gedung Sudirman Markas Kodam II/Sriwijaya, Palembang, Selasa 8 Maret.

Pengarahan tersebut sebagai bagian dari seluruh rangkaian kegiatan kunjungan kerja KSAD di wilayah Kodam II/Sriwijaya. Kegiatan kunjungan Dudung ke satuan bawah ini dalam rangka mejalankan tugas dan fungsi pembinaan kekuatan yang menjadi tanggung jawab Jenderal Dudung.

Dudung bilang, prinsip kepemimpinan lapangan seorang pemimpin melalui ilustrasi pengalamannya bertugas. Sebelumnya Jenderal Dudung lama bertugas di Palembang dan ada pengalaman berharga yang dialaminya ketika melaksanakan tugas operasi di Aceh saat menjabat Danyonif 143.

Berdasarkan pengalaman tersebut Kasad menekankan, jika ingin berhasil dalam melaksanakan tugas, berusahalah untuk bisa membantu rakyat dan jangan pernah sekali-kali menyakiti rakyat.

"Bila ingin sukses, pemimpin harus mampu berimajinasi, berinovasi, berkreativitas, memiliki visi dan misi, serta cita-cita dan harapan,” tambahnya.

Di sini, Dudung dan rombongan disambut Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi beserta seluruh pejabat Makodam II/Sriwijaya. Prosesi penerimaan dimulai dengan jajar kehormatan, dilanjutkan dengan pengalungan bunga dan penyerahan hand bucket kepada KSAD dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana (KCK).

Dudung memulai kunjungan kerjanya dengan meresmikan Gedung C Makodam II/Sriwijaya.

Pangdam II/Sriwijaya dalam sambutannya menceritakan tentang latar belakang dibangunnya Gedung C atau gedung parkir Makodam yang akan diresmikan Kasad hari ini. Pembangunan gedung parkir tersebut terinspirasi dari hasil pengamatannya mengenai kondisi kendaraan anggota yang sepanjang hari harus terparkir tanpa pelindung, terkena terik matahari atau hujan.

"Dari dasar itulah, saya menghadap Gubernur Sumsel, beliau mendukung, Alhamdulillah. Sekarang di depan Bapak KSAD sudah ada Gedung C, dilengkapi dengan videotron. Di sana juga ada koperasi dan kantor Hub (perhubungan),” lapor Mayjen TNI Agus Suhardi kepada Dudung.