Rahasia Tentara Militer Amerika Serikat Bisa Tidur Nyenyak dalam 2 Menit
Tidur di Kano (Dane Deaner/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ada yang lebih sulit dari tidur yaitu mencoba tidur dengan tenang. Biasanya hal ini terjadi karena seseorang tidak terbiasa tidur pada jam tertentu.

Sebuah teknik dari militer di Amerika Serikat (AS) mengungkap cara mudah agar seseorang dapat tidur nyenyak dalam waktu dua menit. Dilansir dari The Independent pada Selasa, 15 September, cara ini digunakan tentara AS untuk beristirahat meskipun di tengah situasi perang.

Teknik ini dibuat oleh kepala tentara untuk memastikan tentaranya tidak membuat kesalahan yang mengancam hanya karena merasa kelelahan. Cara ini diungkapkan melalui buku Relax and Win: Championship Performance yang dirilis pada tahun 1981.

Yang pertama, buat wajah Anda lebih rileks seperti lidah, rahang, serta otot di bagian wajah. Kemudian sandarkan bahu Anda dengan seksama.

Tarik napas yang dalam dan tenangkan badan hingga bagian kaki Anda. Kemudian luangkan 10 detik untuk membayangkan tiga hal berikut:

Anda berbaring di sampan yang terletak di sebuah danau. Tidak ada yang menghalangi namun sebuah langit biru berada di atas pandangan Anda.

Anda berbaring di hammock berwarna hitam di ruangan berwarna sama.

Anda berkata “Jangan pikirkan, jangan pikirkan, jangan pikirkan” kepada diri Anda selama 10 detik.

Kesulitan tidur dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan termasuk obesitas, darah tinggi dan sakit jantung. Cara sederhana ini dapat dicoba bagi Anda yang merasa kesulitan beristirahat.

Dr. Neil Stanley pun menuturkan semuanya kembali kepada pikiran Anda. Jika Anda ingin tidur dengan tenang, Anda harus menghindari memikirkan sesuatu yang berat menjelang tidur.

Sebuah tempat tidur yang nyaman juga dapat membantu waktu istirahat Anda. “Tidak ada cara ajaib untuk mengubah kebiasaan ini, Anda harus mengetahui apa yang terbaik untuk Anda,” katanya.

Anda bisa berhenti memikirkan sesuatu dan bisa beristirahat dengan nyenyak. Selamat mencoba!