Menteri Sandiaga Uno Bilang Sport Tourism Punya Potensi di Belitung
Foto Sandiaga Uno di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung (Foto via Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Kabupaten Belitung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi wisata luar biasa. Potensi wisata yang luar biasa ini diharapkan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Namun, berbagai inovasi perlu dilakukan agar meningkatkan nilai jual dari pariwisata di Kabupaten Belitung. Salah satunya adalah sport tourism atau wisata olahraga.

Hal ini yang menjadi Sorotan bagi menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga UNO. Dalam kesempatannya mengikuti Pocari Sweat Sport (Run) Tourism, Sandiaga UNO mengatakan pariwisata olahraga adalah sinyal momentum dari kebangkitan ekonomi. Ia juga mengatakan pariwisata olahraga dapat membuka banyak lapangan kerja.

"Tadi kita selain mempromosikan sektor pariwisata, juga produk-produk ekonomi kreatif di Kabupaten Belitung, Pulau Belitung, dan Provinsi Bangka Belitung," kata Sandiaga dalam keterangannya, Senin 28 Februari.

Sandiaga mengungkapkan event-event seperti ini juga dapat menjadi momentum bagi dunia usaha untuk berinvestasi dalam mengembangkan potensi-potensi pariwisata dan ekonomi kreatif dari sebuah destinasi pariwisata.

Sandiaga mengajak pelaku usaha bersama-sama dengan pemerintah pusat dan daerah mendorong pelaksanaan event berbasis wisata olahraga di berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Menurutnya, melalui event wisata olahraga, wisatawan tidak hanya bisa menjadi lebih sehat secara fisik, tetapi juga bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan dari destinasi wisata tersebut.

"Melalui event ini akan mendatangkan kunjungan (wisatawan), jadi tiba-tiba Belitung kembali ke peta destinasi wisata. Karena mereka akan mengunggah konten dan akhirnya membawa manfaat, untuk kebangkitan ekonomi kita," katanya.