Penjual Tahu dan Tempe Tidak Terlihat di Pasar Rawasari Sejak Pagi, Konsumen Mulai Resah
Suasana Pasar Rawasari Jakarta Pusat, penjual tahu dan tempe tidak berjualan/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah pedagang tahu dan tempe di Pasar Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat melakukan aksi mogok jualan hari ini, Senin 21 Februari. Aksi tersebut merupakan imbas dari kenaikan harga kedelai. Dampaknya, masyarakat kesulitan membeli tahu dan tempe.

Rahma, salah satu pengunjung pasar Rawasari mengatakan dirinya tidak menemui penjual tahu dan tempe di pasar tersebut.

"Masak (tahu dan tempe) untuk anak dan orang tua, kan orang tua saya tidak makan ikan sama daging. Iya kok pada kosong semua padahal saya mau beli tahu dan tempe," kata Rahma kepada wartawan di Pasar Rawasari, Cempaka Putih, Senin 21 Februari, pagi.

Aksi mogok para penjual tahu dan tempe juga berdampak pada animo masyarakat yang rutin mengkonsumsi makanan tersebut.

"Ya, kita jadi sulit ya pak. Kita istilahnya (beli) 5 ribu dapat tempe 3 ribu dan tahu juga. Kalau gini bingung, (bahan pangan) yang lain-lain pada mahal. Ikan dan ayam pada mahal," ujarnya.

Rahma berharap pemerintah tidak menaikan harga kedelai agar kondisi kembali normal, khususnya untuk warga menengah ke bawah.

"Semoga tidak dinaikin harga kedelainya, biar bisa dagang lagi tahu dan tempe," ucapnya.

Selain Rahma, keluhan senada juga dilontarkan Lisna, konsumen tahu dan tempe. Lisna pun mengerti kelangkaan tahu dan tempe di pasar karena tingginya harga kedelai.

"Sudah tahu karena tiap hari ke pasar, tidak ada (penjual tahu dan tempe). Saya sudah dengar beritanya bahwa tahu dan tempe kedelainya lagi mahal," kata dia.

Lisna mengatakan, kenaikan harga kedelai membuat para ibu rumah tangga menjadi cemas.

"Inginnya harga normal aja, semua pada naik bingung keuangannya," ujar Lisna.