Masih Rendah, Capaian Vaksinasi COVID-19 Anak Usia 6-11 Tahun di Oku Sumatera Selatan Baru Capai 19.215 Orang
Seorang siswa sekolah dasar di Kabupaten OKU disuntik vaksin COVID-19. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 19.215 anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sudah mendapat vaksin COVID-19 dosis kedua. Jumlah itu setara 46,83 persen dari target sasaran.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto menerangkan, cakupan program vaksinasi untuk anak atau pelajar usia 6-11 tahun hingga saat ini baru mencapai 46,83 persen, sedangkan capaian dosis pertama 82,39 persen dari 41.028 target sasaran.

"Jumlah tersebut relatif masih rendah khususnya capaian dosis kedua mengingat penyebaran COVID-19 di Kabupaten OKU terus meningkat dengan jumlah kasus positif mencapai 126 orang yang terpapar virus Corona," kata Andi dikutip Antara, Sabtu 19 Februari

Untuk itu, saat ini pihaknya terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi bagi anak, termasuk cakupan lansia dosis kedua yang saat ini baru mencapai 40,5 persen.

Guna mengejar target tersebut, pihaknya kembali menggencarkan program keroyok vaksin melibatkan TNI dan Polri hingga ke desa-desa di wilayah itu.

Program keroyok vaksin ini dilaksanakan dengan jemput bola ke setiap sekolah yang menyasar para pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan SMP guna membentuk kekebalan kelompok agar terhindar dari penyebaran COVID-19.

Dalam program keroyok vaksin itu sebanyak 122 tenaga vaksinator yang tersebar di 18 puskesmas dikerahkan agar seluruh anak di Kabupaten OKU mendapat vaksin lengkap hingga Maret 2022.

"Untuk mengejar target kami juga menggandeng Dinas Pendidikan Kabupaten OKU agar mengerahkan peserta didiknya supaya datang ke tempat pelayanan vaksinasi terdekat.