Ratusan Polisi Amankan Perayaan Imlek di Kota Medan agar Berjalan Aman dan Kondusif
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 435 personel dari Kepolisian Resor Kota Besar Medan, Polda Sumatera Utara diterjunkan untuk mengamankan perayaan Tahun Baru Imlek di wilayah setempat pada Selasa.

"Ratusan personel ini gabungan dari Polrestabes Medan dan polsek jajaran yang melakukan pengamanan Tahun Baru Imlek 2573 agar berjalan aman, nyaman, dan kondusif," kata Kasubbag Humas Polrestabes Medan Kompol Riama Siahaan, dikutip dari Antara, Sabtu 1 Februari.

Ratusan personel tersebut disebar di berbagai lokasi yang menjadi titik perayaan Tahun Baru Imlek untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas, kejahatan jalanan, pungutan liar dan lainnya.

Selain mengerahkan ratusan personel, kata dia, Polrestabes Medan juga mendirikan lima pos pengamanan yang tersebar di sejumlah wihara prioritas di Kota Medan.

Ia menyebut lima pospam tersebut masing-masing di Jalan Imam Bonjol, Jalan Irian Barat, Jalan Hang Tuah, Kompleks Cemara Asri, dan Jalan Jamin Ginting Sibolangit.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan ibadah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kepada pengurus wihara dihimbau untuk menyediakan tempat cuci tangan di depan pintu masuk serta diharapkan kegiatan ibadah dilakukan secara bergantian dan menjaga prokes," ujarnya.

Terlepas dari deretan upaya yang dilakukan tersebut, masyarakat diharapkan dapat mengurai mobilitas selama perayaan Imlek demi menghentikan penyebaran COVID-19.

"Kami imbau masyarakat untuk meminimalisir mobilitas. Kalau tidak ada kegiatan tidak terlalu penting, lebih baik di rumah saja," katanya pula.