Wagub DKI Riza Sebut Transmisi Lokal Omicron Capai 45,6 Persen
Wagub DKI Jakarta Riza Patria/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan transmisi lokal COVID-19 varian Omicron di Jakarta terus meningkat. Tercatat transmisi lokal mencapai angka 1.152 atau 45,6 persen.

"(Kasus Omicron, red) Sudah mencapai 2.526 orang. Ini menarik sekarang sudah 1373 atau 56,4 persen dan menarik lagi kasus lokal meningkatkan sudah mencapai 1.152 atau 45,6 persen," ujar Riza kepada wartawan, Minggu, 30 Januari.

Menurut Riza, walaupun varian Omicron tak seganas varian Delta, Riza meminta agar warga DKI Jakarta tetap waspada dan terus menerapkan protokol kesehatan. Sebab, Omicron bisa menyebabkan hal yang fatal bagi pasien dengan komorbid.

"Sekalipun omicron tidak berbahaya seperti varian delta tapi jangan dianggap enteng karena ada kasus omicron yang meninggal di Jakarta sekalipun memang ada komorbid," kata Riza.

Selain itu, Riza menyatakan saat ini Pemprov DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran varian Omicron. Di antaranya monitoring dan mengoptimalkan satgas pecegahan COVID-19.

Pemprov DKI juga bakal memberikan sanksi kepada pihak-pihak yang melanggar aturan.

"Kalau melihat di DKI Jakarta ada restoran, pasar, mal, kantor. Sekalipun kantor kita sendiri yang melanggar prokes, laporkan kepada kami segera hari itu akan kami tindak beri sanksi. Kami tidak akan segan mencabut izin dari unit yang melanggar," kata Riza.