11 Kabupaten/Kota Sumsel Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir
Banjir di Palembang/Antara

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan 11 kabupaten/kota di Sumatera Selatan berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat pada Rabu, 19 Januari.

Ada pun 11 kabupaten/kota tersebut adalah Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Empat Lawang, Ogan Ilir, Palembang, dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

BMKG memberikan peringatan dini bagi warga di 11 kabupaten/kota tersebut untuk mewaspadai potensi bencana banjir hingga angin puting beliung dari siang hingga malam hari.

Sementara pada pagi hari cuaca diperkirakan cerah berawan, berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah OKI, Banyuasin, dan Musi Banyuasin.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah OKI, Banyuasin, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Empat Lawang, dan OKU Selatan. Potensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas Utara, Prabumulih, OKU Timur, Lubuk Linggau, dan Penukal Abab Lematang Ilir.

Pada malam hari, cuaca diperkirakan berawan dan potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Lahat, Empat Lawang, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Muara Enim, Ogan Ilir, OKI dan Palembang.

Sedangkan cuaca berpotensi hujan ringan pada malam hari diperkirakan terjadi di wilayah OKI, Musi Rawas Utara, PALI, Pagaralam, OKU Timur, OKU Selatan, Lubuk Linggau, dan Banyuasin.

Pada dini hari, cuaca diperkirakan cerah berawan, berpotensi kabut hingga hujan ringan di wilayah OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin, Muara Enim, Ogan Ilir, dan Palembang.

Suhu Udara di Wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI diperkirakan 23 – 31 derajat celsius dengan kelembapan udara 65 - 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan diperkirakan 18 – 30 derajat celsius dengan kelembapan udara 70 - 100 persen.

Angin bergerak dari barat ke arah utara dengan kecepatan 05 - 30 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian utara dan Selat Bangka bagian selatan diperkirakan 1,25 – 2,50 m, cuaca diperkirakan hujan ringan, arah angin dari Barat Laut – Utara dengan kecepatan 8 – 45 km/jam.