Polres Bangka Barat Tertibkan Kegiatan Penambangan Timah Liar Belolaut, Terjadi Aksi Kejar-kejaran dengan Penambang
Penertiban tambang liar di Bangka Barat (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Aktivitas penambangan biji timah liar di kawasan Desa Belolaut Mentok ditertibkan oleh Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kompol Evry Susanto, Kepala Bagian Operasi Polres Bangka Barat mengatakan, "Sudah lima kali kami tertibkan aktivitas tambang liar di lokasi itu, namun penambang tidak jera.”

Dalam penertiban itu, petugas berhasil menyita sebanyak sembilan unit mesin, beberapa sepeda motor yang diduga milik penambang yang kemudian disita sebagai barang bukti.

"Ke depan kami tetap melakukan penindakan, akan dijadwalkan ulang dengan berkoordinasi dengan Pemkab Bangka Barat, agar lokasi ini bebas dari penambangan," katanya.

Penambang Liar Desa Belolaut Melarikan Diri saat Ditertibkan Polres Bangka Barat

Pada pelaksanaan penertiban yang digelar Selasa ini, para penambang di Hutan Bakau Dusun III, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, tampak melarikan diri saat tim gabungan datang ke lokasi.

Para penambang meloloskan diri berlari melewati semak-semak dengan meninggalkan mesin alat tambang dan sepeda motor yang diparkir di pinggir sungai di lokasi itu.

Dampak dari aktivitas tambang di lokasi itu, hutan bakau yang sebelumnya asri kini menjadi kumuh, banyak pohon tumbang dan wilayah yang dalam kondisi rusak semakin meluas.

Penertiban Penambangan Liar di Desa Belolaut Mentok Cukup Sulit

Evry Susanto mengakui penertiban di lokasi itu memang sulit dilakukan untuk menangkap pelaku karena medan berat dan para penambang sudah paham lokasi dan selalu bisa kabur dari kejaran petugas.

"Saat petugas tiba di sini, orang semua sudah kabur. Memang sulit untuk penertiban masalah tambang ini, selanjutnya kita koordinasi dengan Dinas Kehutanan, Satuan Polisi Pamong Praja, BPBD dan Pemkab Bangka Barat agar ke depan lebih baik," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.