Kabar Baik, Vaksinasi COVID-19 di Indonesia Duduki Peringkat 4 Dunia Kalahkan Brasil
ILUSTRASI DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi COVID-19 di Indonesia menduduki peringkat empat dunia. Indonesia berhasil mengalahkan Brasil terkait capaian vaksinasi.

"Alhamdulillah, minggu ini Indonesia berhasil naik ke peringkat keempat dunia melampaui Brasil dari sisi jumlah rakyat yang divaksinasi," kata Budi dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 10 Januari.

Menkes Budi mengungkap total dosis vaksin COVID-19 yang telah disuntikkan kepada masyarakat di Indonesia mencapai 169 juta. Sementara, Brasil baru berhasil menyuntik 166 juta dosis vaksin pada warganya.

Meski begitu, posisi Indonesia masih berada di bawah China yang telah berhasil menyuntikkan 1,2 miliar dosis vaksin, India 880 juta dosis, dan Amerika Serikat 246 juta dosis vaksin.

Budi mengatakan hampir seluruh provinsi di Indonesia telah mencapai 70 persen. "Yang minggu lalu masuk adalah provinsi Aceh. Ini selamat untuk provinsi Aceh dan Provinsi Kalimantan Barat," ujar eks Wakil Menteri BUMN itu

.

Sementara untuk provinsi yang belum mencapai 70 persen capaian vaksinnya adalah Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Terkait ketersediaan vaksin, pemerintah memastikan stoknya aman untuk mengejar pemberian bagi warga yang belum divaksin. Saat ini, ada 150 juta dosis vaksin yang siap disuntikkan dari total 446 juta dosis. Sementara sisanya yaitu 288 juta dosis, kata Menkes, sudah disuntikkan.

"Khusu untuk vaksinasi booster Bapak Preisden juga sudah menyetujui (penyuntikannya, red) dan akan ada konferensi pers oleh beliau untuk mengupdate mengenai vaksin booster ini," pungkas Budi.