Tak Usah Kaget dan Jangan Kabur, Ada Tes Acak COVID-19 di Tangerang Selama Libur Pergantian Tahun
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Tangerang akan menggelar pemeriksaan secara acak untuk mendeteksi penularan COVID-19 pada warga dan wisatawan yang datang ke wilayahnya semasa libur akhir tahun 2021.

Menurut Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi di Tangerang, Selasa 28 Desember, pemkab sudah menyiapkan 1.100 alat tes cepat antigen untuk keperluan itu.

"Dari 44 posko pantau yang disiapkan, ada 11 posko yang kita isi pelayanan kesehatan tes rapid antigen dengan masing-masing menyediakan 100 alat tes antigen," katanya dilansir dari Antara.

Ia mengatakan bahwa pemerintah kabupaten masih memiliki stok sekitar 80 ribu alat tes antigen yang bisa digunakan jika stok alat pemeriksaan di posko-posko habis.

Menurut dia, sampai saat ini tes antigen sudah dilakukan secara acak pada 400 warga dan hasilnya semuanya negatif, tidak ada yang terserang COVID-19.

Ia menjelaskan pula bahwa pemerintah kabupaten dengan dukungan dari TNI dan Polri sudah siap melakukan pengamanan serta pengawasan untuk mencegah penularan COVID-19 pada masa libur akhir tahun.

Selain melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi penularan COVID-19, ia mengatakan, pemerintah kabupaten bekerja sama dengan TNI dan Polri menyelenggarakan pelayanan vaksinasi bagi warga yang belum mendapat suntikan vaksin COVID-19.

"TNI-Polri juga sudah menyiapkan petugas vaksinator dan gerai vaksin di posko pantau," katanya.