Dijaga 5 Orang Saat Disekap di Toilet, Mahasiswi Korban Pelecehan Seksual Dosen Universitas Sriwijaya Ini Sampai Teriak Minta Tolong
Kepala Subdit 4 Remaja, Anak dan Wanita Ditreskrimum Polda Sumatera Selatan, Kompol Masnoni (ANTARA)

Bagikan:

PALEMBANG - Polda Sumsel menemukan fakta baru dari rangkaian kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami mahasiswi Universitas Sriwijaya berinisial F. Saat yudisium dari Fakultas Ekonomi, mahasiswi ini sempat disekap dalam toilet.

Kepala Subdit 4 Remaja, Anak dan Wanita Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Masnoni mengatakan, peristiwa penyekapan disampaikan korban berinisial F, kepada penyidik saat dia diperiksa atas laporan kasus pelecehan seksual yang dialami.

"Kami memang mendapat informasi dari korban bahwa dia sempat disekap di toilet saat yudisium. Peristiwa itu disampaikannya saat memberikan keterangan penyelidikan di Mapolda," kata Masnoni di Palembang, Antara, Senin, 6 Desember.

Polisi belum bisa menindaklanjuti peristiwa penyekapan yang dialami korban. Meskipun menurut korban, penyekapan itu diduga mengandung unsur kesengajaan dengan maksud mengintimidasi atas laporan oknum dosen berinisial R di Fakultas Ekonomi universitas itu atas kasus pelecehan seksual.

Sampai saat ini, menurut Masnoni, korban belum membuat laporan secara resmi terkait intimidasi tersebut. Korban bisa melaporkan hal tersebut kepada kepolisian supaya segera ditindaklanjuti.

"Kami ini terbuka. Semua bentuk laporan akan kami tindak lanjuti, khususnya dalam konteks yang dialami korban (F) ini," ujarnya.

Sebelumnya diketahui, F merupakan salah satu dari tiga mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya yang mengaku menjadi korban pelecehan secara verbal melalui media sosial oleh R.

F dan dua rekannya yaitu C dan D, telah melaporkan pelecehan R itu ke SPKT Polda Sumatera Selatan, Rabu siang lalu. 

Kemudian F mengaku disekap di toilet saat mengikuti acara yudisiumnya yang berlangsung di Gedung Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya di Kampus Indralaya, Ogan Ilir, pada Jumat, 3 Desember lalu. 

Peristiwa yang dialami para korban dari Fakultas Ekonomi khususnya F, membuat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sriwijaya membentuk tim advokasi mendampingi mereka untuk mendapatkan keadilan dalam perkara itu.

Ketua tim advokasi Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sriwijaya, M A Yan Iskandar, mengatakan, mereka menduga penyekapan itu bentuk intimidasi dari oknum petinggi kampus kepada korban, setelah yang bersangkutan memutuskan untuk menempuh jalur hukum dalam menyelesaikan perkara pelecehan seksual itu.

Peristiwa dugaan penyekapan itu dia dapat dari keterangan saksi yang berada langsung di lokasi kejadian. “Dalam yudisium itu ada peristiwa penyekapan terhadap korban,” cetusnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan dari saksi, korban yang diduga disekap terus berteriak meminta tolong untuk dikeluarkan dari dalam toilet.

Lalu, teriakan korban itu didengar saksi yang kebetulan melintas dekat toilet, hingga akhirnya F yang ketakutan itu dia selamatkan.

"Saksi adalah seorang dosen yang kebetulan melintas dekat toilet itu. Mendengar teriakan korban Ia pun bertanya siapa di dalam, lalu korban yang mengenali suara dosen itu berteriak, 'Pak tolong saya disekap,” ujarnya.

Saksi menduga, lanjutnya, penyekapan itu mengandung unsur kesengajaan sebab dalam kejadian tersebut saksi melihat ada lima orang yang diduga sedang berjaga di depan toilet.

"Waktu itu saksi melihat ada lima orang yang berjaga di depan toilet," cetusnya.

Sementara itu koordinator tim Advokasi IKA Universitas Sriwijaya, Sri Lestari Kadariah, mengatakan, berdasarkan temuan itu maka ada dua fakta hukum yang terjadi.

"Karenanya, kami akan kawal kasus ini. Harusnya pihak rektorat membuka diri agar fakta sebenarnya terungkap. Kemudian kami mendesak pihak kepolisian secara serius mengawal kasus ini hingga proses persidangan," katanya.