50 Tahun Penerbitan Seri Komik: Patung Perunggu Doraemon, Nobita dan Pintu ke Mana Saja Diresmikan di Tokyo
Peresmian patung perunggu Doraemon dan Nobita di Tokyo, Jepang. (Tangkapan Layar YouTube channel KyodoNews)

Bagikan:

JAKARTA - Patung perunggu karakter manga Jepang ikonik Doraemon diresmikan di Distrik Shibuya, Tokyo, Jepang pada Hari Rabu, menyusul peringatan 50 tahun penerbitan seri komik dengan nama yang sama.

Upacara pembukaan diadakan pada hari ulang tahun pencipta komik Fujiko F. Fujio (1933-1996), dengan karya berjudul 'Doraemon's Door to the Future' juga menampilkan gadget teleportasi 'Pintu ke Mana Saja' yang terkenal dari karakter tersebut.

Patung, didirikan di atap kompleks Taman Miyashita, dibuat oleh perusahaan produksi yang didirikan oleh seniman manga dan telah disumbangkan ke Shibuya Ward, di mana area di sekitar stasiun kereta utama sedang direnovasi sebagai tempat untuk menyebarkan budaya dengan citra futuristik.

Karya tersebut menampilkan 11 karakter populer yang dibuat oleh Fujiko, termasuk dari seri "Perman" dan "Kiteretsu Daihyakka" serta tujuh gadget dari "Doraemon."

Patung itu setinggi 3,921 meter, membalikkan angka-angka fiksi Doraemon setinggi 1,293 meter, menurut penyelenggara upacara.

"Karya ini memiliki desain yang hidup. Saya ingin anak-anak melihat mimpi dan harapan di masa depan," kata Kazuhiko Akatsu, presiden Fujiko Pro Co, melansir Kyodo News 1 Desember.

Serial komik 'Doraemon' dimulai di majalah anak-anak pada Januari 1970 dan menandai ulang tahun ke-50 tahun lalu, tetapi pemasangan patung itu ditunda karena pandemi virus corona.

Namun, pandemi juga menyebabkan minat baru pada seri ini, dengan volume manga pertama yang mencatat penjualan lebih dari 11.000 eksemplar pada Maret 2020. Rekor satu bulan untuk abad ke-21 dan bagian dari penjualan keseluruhan lebih dari 5 juta eksemplar publikasi yang menampilkan Doraemon dalam 12 bulan terakhir sejak November tahun lalu.