BKSDA Sumsel Lepasliarkan 2 Ekor Elang Bondol
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

BELITUNG - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan melepasliarkan dua ekor elang bondol (Haliastur Indus) di areal Hutan Kemasyarakatan (Hkm) Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang, Tanjung Pandan, Belitung.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Sumatera Selatan, Azis Abdul Latif MS  mengatakan pelepasliaran tersebut merupakan dukungan terhadap program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) guna melestarikan satwa liar milik negara.

"Kami sengaja melepasliarkan elang bondol di Pulau Belitung karena memiliki kecocokan alam dan lingkungan mengingat elang jenis ini merupakan elang laut," katanya dikutip Antara, Kamis, 25 November. 

Menurut dia, dua ekor Elang Bondol (Haliastur Indus) tersebut telah melalui proses rehabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi sesuai dengan Berita Acara Penitipan Nomor BAP.106/K.12/TU/KSA/1/2019 tanggal 19 Januari 2019.

Abdul  mengatakan, dua ekor elang nondol tersebut berasal dari serahan masyarakat di Kota Palembang dan diangkut ke PPS Alobi pada tahun 2019 sebagai titipan negara untuk dirawat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Satwa liar jenis Elang Bondol (haliastur indus) tersebut dinyatakan sehat dan layak untuk dilepasliarkan," ujarnya.

Sementara itu Bupati Belitung, Sahani Saleh mengapresiasi BKSDA Sumsel dan sejumlah pihak yang telah melepasliarkan satwa liat di lokasi Hkm Seberang Bersatu yang sebelumnya merupakan areal bekas tambang timah.

"HKm Seberang Bersatu merupakan Geosite yang telah diakui oleh UNESCO atas tingginya upaya masyarakat terhadap pemulihan kawasan bekas tambang Timah," katanya.