Yana yang Pura-pura Hilang di Cadas Pangeran Kini Sudah Jadi Tersangka
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kepolisian Resor (Polres) Sumedang menetapkan Yana Supriatna (40), pria yang sempat diisukan hilang di kawasan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, sebagai tersangka.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan Yana ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menyiarkan berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan rakyat sesuai dengan Pasal 14 ayat 2 UURI Nomor 1 Tahun 1946.

"Hasil gelar perkara penyidik Polres Sumedang yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka," kata Erdi di Polres Sumedang, Senin 22 November dikutip dari Antara.

Yana tidak ditahan oleh Polres Sumedang meski sudah ditetapkan sebagai tersangka. Ancaman hukuman untuk Yana di bawah lima tahun penjara.

"Enggak ditahan karena hukuman penjara di bawah lima tahun," kata Erdi.

Sebelumnya Yana Supriatna diisukan hilang secara misterius di kawasan Cadas Pangeran sejak Selasa (16/11). Akibatnya sejumlah personel kepolisian, hingga Tim SAR melakukan pencarian pria tersebut.

"Tersangka ternyata sengaja mengirimkan pesan kepada istri, keluarga, dan rekan kerjanya jika dirinya dicelakai di wilayah Cadas Pengeran karena YS mempunyai banyak permasalahan di lingkungan keluarga dan di tempat kerjanya yang berkaitan dengan masalah keuangan," kata Erdi.

Selain itu, kabar Yana yang hilang tersebar luas di media sosial. Namun belakangan Yana justru diketahui tidak hilang karena ditemukan di Cirebon oleh polisi sehingga Yana ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menyebabkan kegaduhan di tengah masyarakat. Saat ditemukan, Yana dalam kondisi sehat.

Kabar hilangnya Yana, membuat sejumlah elemen masyarakat yang diperkirakan mencapai 200 orang turun mencari Yana. Termasuk dihadirkannya ahli supranatural.