Mom, Kenali Gejala Infeksi Telinga pada Bayi
Ilustrasi ibu dan bayi (Anna Shvets/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Infeksi telinga menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup sering dialami oleh bayi. Kondisi ini bikin bayi merasa tidak nyaman di rewel. Jika ini terjadi, orang tua tak perlu panik karena daya tahan yang masih lemah, membuat bayi mudah terserang infeksi. 

sebagian besar kasus infeksi pada bayi disebabkan oleh bakteri, virus, atau ada infeksi di saluran eustachius yang menghubungkan telinga, hidung, dan tenggorokan. 

awalnya, orang tua mungkin bingung mengapa bayi menangis tanpa sebab. Bila memang ada kemungkinan infeksi telinga, coba kenali tanda-tandanya dulu yuk! 

telinga terasa nyeri

Infeksi ini membuat rasa sakit yang wajar bila bayi akan menangis. Kalau bayi jadi lebih sedih ketika terjadi masalah, bisa jadi memang ada infeksi telinga. Soalnya, posisi akan menimbulkan tekanan pada saluran eustachius.  

Susah tidur dan masalah pendengaran

Karena pertahanan tapi belum bisa berkomunikasi, bayi akan bernyanyi sepanjang malam dan susah tidur. Tanda lain yang bisa dilihat adalah bayi mengalami masalah pendengaran. Adanya cairan di telinga bikin dia tidak menanggapi suara-suara di sekitarnya. 

Demam dan nggak nafsu makan 

ketika mengalami infeksi telinga, bayi mungkin akan mengalami demam sekitar 37-40 derajat celsius. Demam sendiri jadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang bekerja melawan infeksi. Di saat yang bersamaan, ia akan kehilangan nafsu makan karena merasa sakit. 

Keluar cairan dari telinga

Ini bukan gejala yang umum, tapi mungkin terjadi dan bisa dibilang pasti terjadi infeksi. Akan ada cairan seperti nanah berwarna kuning, putih atau hijau keluar dari telinga. telah terjadi tekanan yang lebih besar sampai gendang telinga pecah. langsung bawa bayi ke dokter bila mengalami tanda ini. 

Perawatan di rumah

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan bila bayi mengalami gejala infeksi telinga. Anda bisa mengompres area telinga dengan handuk hangat yang sudah diperas terlebih dahulu. Kemudian, pastikan bayi mendapatkan cairan yang cukup dengan rutin memberikan ASI. 

Jika ingin dibaringkan, posisikan kepalanya sedikit lebih tinggi untuk membantu cairan yang menyumbat saluran telinga. Sebelum dibawa ke dokter, pastikan udara di rumah bersih dan jauhkan dari debu dan asap rokok. 

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Mengenali Gejala Infeksi Telinga Pada Bayi . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .