Musi Banyuasin Rencanakan Program Peremajaan Sawit, Targetkan 52.000 Hektar pada 2024
Rencana peremajaan sawit (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemkab Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan , berencana menargetkan kegiatan peremajaan sawit rakyat (PSR) seluas 52.000 hektare lahan. Dari total lahan tersebut, ada 24.806 petani yang disasar pada 2024.

Dodi Reza Aled, Bupati Musi Banyuasin menyampaikan sejak dilaksanakan pada 2017, program PSR telah terealisasi sekitar 20.000 hektare.

"Program PSR ini sangat berdampak positif bagi perekonomian Muba karena dapat mewujudkan kemandirian ekonomi, pemberdayaan masyarakat, penanggulangan, serta alam kelapa sawit," kata dia di Sekayu, Senin, 5 Juli.

Ia mengatakan puluhan ribu lahan perkebunan sawit yang masuk dalam program PSR sejak 2017 kini dalam status siap panen yakni seluas 4.446 ha.

Petani Didorong Memproduksi CPO dan IVO hingga Bensin

Untuk itu, Muba mendorong terwujudnya hilirisasi sawit agar dapat menyerap produksi dari petani rakyat tersebut.

“Selain memproduksi TBS, kami juga mendorong petani memproduksi CPO dan IVO hingga bensin sawit," kata Dodi.

Sejauh ini, petani Muba sudah menghasilkan minyak sawit jenis industrial vegetable oil (IVO) sebagai produk turunan sawit.

IVO ini disuplai ke PT Pertamina (Persero) ) ) untuk memenuhi kebutuhan kilang RU III Plaju, Sumatera Selatan, sebagai bahan baku pembuatan biodiesel B30.

Hampir 80 Persen Penduduk Musi Banyuasin Menggantungkan Hidup pada Sawit

Musi Banyuasin mewujudkan hilirisasi komoditas ini karena hampir 80 persen penduduknya menggantungkan hidup pada sektor ini.

Berdasarkan data pemkab, luas perkebunan kelapa sawit rakyat 141.192 ha dan perusahaan 302.279 ha.

Sementara itu, secara nasional, program PSR pada 2021 ditargetkan pemerintah menyasar 180.000 hektare lahan dengan alokasi dana Rp5.567 triliun.

Untuk mencapai target tersebut, Kementerian Pertanian dan BPDPKS bersama seluruh pemangku kepentingan industri sawit telah menyusun mekanisme peremajaan sawit rakyat yang lebih efektif dan efisien termasuk melalui pola kemitraan antara perusahaan dan petani kelapa sawit.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .