Vaksin Moderna Efektif Hadapi COVID-19 Varian Delta, Penelitian Laboratorium Menunjukkan Hasilnya
Vaksin Moderna. (Wikimedia Commons/Senior Airman Eugene Oliver)

Bagikan:

PALEMBANG - Varian Delta yang efeknya sangat berbahaya telah muncul di banyak daerah di Indonesia. Berbagai penelitian dan cara sedang dilakukan untuk menemukan obat atau pencegahan virus tersebut.

Sebuah penelitian laboratorium menunjukkan vaksin COVID-19 Moderna berperan bagus terhadap penanganan varian Delta, yakni dengan sedikit penurunan dibandingkan dengan jenis mendukung terhadap.

Penelitian dilakukan pada serum darah dari Delapan peserta yang diperoleh satu minggu setelah mereka menerima dosis kedua vaksin, mRNA-1273, sebut Moderna dalam keterangannya Selasa 29 Juni.

Vaksin tersebut memicu respons antibodi terhadap semua varian yang diuji, menurut Moderna, tetapi tetap kalah dalam semua kasus dengan aktivitas vaksin penetralan terhadap jenis  virus corona  asli yang pertama kali ditemukan di China.

Vaksin Moderna dapat Membentuk Antibodi Terhadap Varian Delta

Data menunjukkan, vaksin Moderna jauh lebih efektif dalam memproduksi antibodi terhadap varian Delta daripada melawan varian Beta yang pertama kali diidentifikasi di  Afrika Selatan .

Terhadap tiga versi varian Beta,  antibodi  penetrasi yang dihasilkan vaksin berkurang enam hingga delapan kali lipat dibandingkan dengan yang diproduksi melawan strain asli. Sementara pengurangan 3,2 hingga 2,1 kali lipat terlihat untuk garis keturunan varian yang pertama kali diidentifikasi di India termasuk Delta dan kappa.

"Data baru ini mendorong dan memperkuat keyakinan kami,  vaksin COVID-19  Moderna tetap protektif terhadap varian yang baru terdeteksi," kata Kepala Eksekutif Moderna Stéphane Bancel seperti mengutip  Reuters  Rabu 30 Juni.

India Mengizinkan Impor Vaksin Moderna dengan Jumlah Terbatas

Sebelumnya pada hari yang sama,  India  memberikan izin kepada produsen obat Cipla Ltd., untuk mengadopsi vaksin Moderna ke negara itu untuk penggunaan terbatas. 25 Jun 2021 15:05

Moderna  sebelumnya mengirimkan data hasil penelitian laboratorium ini sebagai pracetak ke situs web bioRxiv sebelum peer review. Lewat kabar ini, nilai saham Moedrna naik 5,5 persen pada 235,39 dolar AS pada perdagangan tengah hari kemarin. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .