Disdik Palembang Sampaikan PTM Dimulai Juli untuk Jenjang SD dan SMP
Ilustrasi - Para calon siswa mencuci tangan usai mengikuti tes tertulis masuk SMA sebagai bagian dari PPDB (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sudah melakukan pemantauan kesiapan sekolah-sekolah di daerahnya untuk memulai pembelajaran tatap muka (PTM). Dinas Pendidikan Kota Palembang menyampaikan program (PTM) akan dimulai pada Juli 2021 untuk jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah.

Ahmaf Zulinto, Kepala Disdik Kota Palembang menambahkan PTM diberlakukan karena zonasi data menunjukkan rata-rata kecamatan berada di zona oranye dan kuning.

"Selain itu ada desakan yang besar dari orang tua dan guru ingin sekolah tatap muka ini dilaksanakan," ujarnya di Palembang, Senin, 8 Juni.

Durasi Waktu Pembelajaran Tengah Pandemi Dipersingkat

Namun, sebaiknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Palembang, IDI Palembang, Ombudsman Sumsel, dan KPAI untuk menyusun konsep pembelajaran yang telah disusun.

Pembelajaran tatap muka di tengah pandemi, rencananya hanya berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dengan satu kelas hanya diisi 15 murid serta tidak ada jam istirahat.

Selain itu, semua orang yang berada di sekolah wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) serta memastikan kantin tidak dibuka, sehingga orang tua harus membekali anaknya dengan makanannya sendiri.

Orang Tua Siswa Mendesak Sekolah Segera Mengadakan PTM

Zulinto menambahkan desakan orang tua yang ingin PTM karena tidak optimal pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama satu tahun terakhir akibat minimnya interaksi siswa dengan guru.

"Kami akan rapat dengan kepala sekolah terkait persiapannya, jika semua kepsek setuju artinya di Juli nanti sekolah tatap muka mulai dibuka," kata dia.

meminta semua sekolah negeri maupun swasta siap menerapkan PTM dengan kelengkapan protokol kesehatan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .