Satgas Riau Membantah Fakta Video Viral Air Keran Positif COVID-19 Setelah Dites Antigen
Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tengku Said Arif Fadillah (Foto: ANTARA)

Bagikan:

PALEMBANG - Beredar video viral berisi tayangan air keran terkonfirmasi positif COVID-19 setelah dites antigen. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau menyangkal berita viral di media sosial yang diunggah oleh @kapten.jacksparrow.

Arif mengajak masyarakat agar tidak peduli terhadap video tersebut, karena hal itu merupakan informasi yang tidak benar.

"Video seperti itu, terutama terkait COVID-19, sudah banyak beredar. Tidak perlu ditanggapi," katanya, saat didampingi mantan Dinkes Kepri Tjetjep Yudiana dilansir  Antara , Rabu, 2 Juni. 

Video Air Keran Positif COVID-19 Hanya untuk Mencari Sensasi

Arif menambahkan video-video seperti itu kerap meresahkan masyarakat dan menimbulkan rasa khawatir dan tidak percaya terhadap hasil tes antigen . Padahal berdasarkan hasil penelitian kesehatan, tingkat akurasi antigen mencapai 90 persen. 02 Juni 2021 09:03

Video berdurasi 2,50 menit tersebut hanya ingin mencari sensasi agar ditonton. Semakin banyak yang menyaksikan maka pengunggahan video di media sosial maupun youtube mendapatkan keuntungan.

"Saya sendiri menghindari menonton video hoaks. Mari kita bersama-sama mencerdaskan masyarakat dengan menyajikan informasi yang benar," ucapnya.

Tes Antigen Menjadi Solusi untuk Mempercepat Layanan Kesehatan

Arif, yang juga Sekda Kepri mengemukakan, tes antigen saat ini lebih banyak digunakan untuk mempercepat pelayanan kesehatan. Tes antigen yang cepat akan mempercepat pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Ia menyatakan jika melakukan tes PCR membutuhkan waktu yang  cukup lama menunggu hasilnya. Bisa sampai satu pekan. Oleh sebab itu tes antigen menjadi solusi dan proses pelayanan kesehatan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .