Mata Lelah dan Tegang Karena Menatap Layar Laptop Terlalu Lama, Lakukan Yoga Mata
Ilustrasi mata (Matteus Silva/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Menatap layar gadget atau laptop yang terlalu lama akan membuat mata tegang dan lelah. Terlebih, sekarang banyaknya aktivitas digital membuat kita harus sering-sering memandangi gadget .

Yoga mata jadi salah satu latihan yang perlu dilakukan untuk merawat mata yang lelah. Olahraga ini dapat meringankan beberapa masalah kesehatan mata seperti sakit mata, mata lelah, perih, gatal, sensitif pada cahaya, penglihatan kabur, dan sakit kepala.

Sama seperti yoga pada umumnya, yoga mata juga bertujuan untuk meningkatkan mata sehingga fokus dapat ditingkatkan. Gerakan yoga mata sangat mudah dilakukan. Pun Anda dapat mempraktikkannya kapan saja dan di mana saja. 

Penasaran dengan gerakannya? Dilansir dari laman Silhouette, Jumat, 12 Februari berikut  VOI  sajikan informasinya untuk Anda.

Tatap Objek Selama 20 Menit

Temukan objek yang jauh dan tatap benda tersebut tidak berkedip selama 20 detik. Lalu, letakkan ibu jari di bawah objek dan geser fokus mata di antara objek dan ujung ibu jari.

Menggerakan bola mata ke atas dan bawah

Agar pandangan mata bisa lebih tajam, coba gerakkan bola mata ke atas semaksimal mungkin selama tiga detik. Lalu, gerakan lagi ke bagian bawah selama tiga detik. Lakukan gerakan sebanyak lima kali dan akhiri dengan memejamkan mata selama lima detik. Dengan begitu, kemampuan memandang akan lebih baik sebab otot mata kembali lentur. 11 Feb 2021 20:45

Menggerakan bola mata ke kanan atas dan kiri bawah

Gerakan mata ke sudut kanan dengan maksimal lalu tahan selama tiga detik. Setelah itu, dengan menggerakan mata ke kiri bawah secara maksimal. Tahan juga selama tiga detik. Ulangi rangkaian yoga sebanyak empat kali. Terakhir, pejamkan mata selama lima detik.

Gerakan mata bola ke kiri atas dan kanan bawah

Sama seperti gerakan di atas, Anda hanya perlu menggerakan bola mata ke sisi kiri atas selama tiga detik lalu ke kanan bawah selama tiga detik pula. Kemudian, ulangi gerakan ini selama empat kali lalu akhiri dengan menutup mata selama lima detik. 

Gerakan mata bola secara melingkar berulang-ulang

Teknik yoga mata selanjutnya yaitu dengan menggerakan bola mata ke segala arah. Arah ke arah atas, kanan, bawah, kiri, dan kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak lima kali. Setelah itu, pejamkan mata dan cobalah tetap rileks. Gerakan yoga yang dapat membantu penglihatan Anda lebih tajam dan jelas, karena aktivitas ini dilakukan secara teratur.

Sebagai rangkaian penutup, Anda dapat menggosok kedua tangan sehingga menghasilkan panas. Letakkan telapak tangan di atas mata tertutup sampai Anda merasa mata hangatnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri. Artikel ini pernah tayang di VOI .