Khawatir Asam Lambung Naik, Berikut Tips Sehat Minum Kopi
Ilustrasi Minum Kopi (Valeria Boltneva-Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Minum kopi di pagi hari memang ampuh menjadikan tubuh lebih segar dan menghilangkan kantuk. Tapi sebagian menghindari minum kopi di pagi hari karena tidak bisa memberi efek buruk bagi kesehatan tubuh.

Buat Anda yang masih takut minum kopi di pagi hari, jangan khawatir. Sebab ada beberapa tips sehat minum kopi di pagi hari. Apa saja itu?

Minum segelas udara

Sebelum memulai hari dengan secangkir kopi di pagi hari, alangkah baik minum air terlebih dahulu. Pasalnya kopi memiliki sifat diuretik yang bisa keluar cairan. Untuk itu, minum segelas air putih dapat membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Cap pemanis buatan

Dilansir dari laman  Mayoclinic , sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi pemanis buatan secara berlebihan akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2, obesitas, dan stroke. Jadi, hindari gula tambahan atau gunakan secukupnya.

Takaran gula

Kalau Anda tetap ingin menambahkan gula dalam secangkir kopi, maka gunakan sendok gula sebagai takaran agar tidak berlebihan. Jumlah takaran minimal setengah sendok teh dan maksimal dua sendok teh.

American Heart Association  mengatakan bahwa asupan harian yang melayani adalah enam sendok teh.

Dengan menggunakan takaran, Anda bisa tahu berapa jumlah gula yang digunakan untuk membuat kopi. Menghindari konsumsi berlebihan. 08 Jan 2021 16:32

Mencampur rempah-rempah

Beberapa orang menganggap cara ini aneh. Sebab, pada suatu minum kopi tidak mengucapkan. Tetapi, tidak salahnya menambah rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, cengkeh, dan pala. Hal ini karena tidak hanya memberikan rasa dan aroma kopi, rempah-rempah juga meningkatkan antioksidan di dalamnya.

Gunakan air yang telah disaring

Meskipun air yang digunakan untuk membuat kopi telah direbus terlebih dahulu, belum tentu air bersih dari campuran logam berat yang terdapat pada pipa air.

Selain itu, air keran juga mengandung banyak desinfektan klorin yang berbahaya bagi tubuh dalam jangka panjang. Saring terlebih dahulu sebelum menyeduhnya dengan kopi untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik dan tentunya lebih sehat.

Gunakan kertas filter

Kopi yang telah dibuat bisa saja mengandung zat kafestol dan kahweol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Menyaring kopi menggunakan filter kertas dapat menjaga zat-zat berbahaya tersebut dan tetap menjaga kandungan kafein dan antioksidan di dalamnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI .