5 Langkah Menjaga Kesehatan Mental untuk Hidup Lebih Baik
Ilustrasi Kesehatan Mental (Foto: IST)

Bagikan:

JAKARTA – Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan tubuh karena pengertian sehat harus dilihat secara menyeluruh, tidak sekadar dilihat dari kebugaran fisik saja. Perlu kesadaran sejak dini untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental dan mendorong perubahan positif bagi setiap individu.

Tahun ini, Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati pada 10 Oktober mengangkat tema Mental health is a universal human right. Untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik, menjaga kesehatan mental adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan, berikut beberapa saran yang dapat dilakukan:

1. Memiliki self-love dengan menerima dan menghargai diri sendiri sehingga Anda memperlakukan diri sendiri sebaik mungkin.

2. Melakukan self-care, dengan rutin merawat diri secara fisik dan mental.

3. Melakukan sharing, berbicara tentang perasaan Anda kepada orang yang dipercaya, agar merasa terbantu dan tidak merasa sendirian.

4. Menerapkan pola makan yang sehat, agar dapat menjaga fungsi otak dan organ lainnya di tubuh yang baik untuk mental Anda.

5. Mengekspresikan emosi lewat seni, yang dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan seni dari mulai menggambar, melukis, menyanyi, menari, dan sebagainya, mengingat seni merupakan bentuk kegiatan yang mindfulness dan sangat bermanfaat bagi kesehatan mental karena menjadi pelepas stress, meningkatkan rasa percaya diri, pemulihan diri dan expressive therapy.

Survei Kesehatan Mental Internasional yang dilakukan FWD Group pada 2022, yang menemukan bahwa, 65 persen orang di Indonesia percaya kesehatan mental akan menjadi salah satu masalah paling kritis di tahun-tahun mendatang.

Karena itu, kesehatan mental juga menjadi salah satu konsen PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) baru-baru ini meluncurkan sebuah platform solusi kesehatan mental digital pertama yang dikeluarkan perusahaan asuransi jiwa di Indonesia bernama ‘Program Dukungan FWD Mind Strength’.