5 Jenis Makanan yang Bisa Sebabkan Susah Tidur Malam Hari, Hindari Jika Ingin Terlelap
Ilustrasi (Cottonbro Studio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah Anda mengalami kondisi susah tidur dan belum tahu apa penyebab pastinya? Mungkin jenis makanan yang dikonsumsi jadi alasannya. Ya, insomnia atau sulit tidur dapat dipicu dari asupan makanan. Karenanya, agar Anda tidak susah tidur coba hindari asupan makanan ini sebelum tidur, melansir WebMD, Kamis, 8 Desember.

Batasi Makanan Tinggi Lemak

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi makanan tinggi lemak mengalami kenaikan berat badan dan siklus tidurnya cenderung terganggu. Mengapa? Sebab makanan berat mengaktifkan sistem pencernaan, sehingga tidur Anda terganggu karena untuk buang air besar atau kecil.

Waspadai Kafein Tersembunyi

Agar tidur Anda tidak terganggu, hindari minum kopi malam hari. Selain itu, hindari juga makanan maupun minuman dengan kandungan kafein tersembunyi seperti cokelat, minuman bersoda, dan teh. Untuk tidur yang lebih nyenyak, hentikan konsumsi empat hingga enam jam sebelum tidur.

Obat Mengandung Kafein

Biasanya, obat bebas maupun obat resep yang mengandung kafein yaitu obat pereda nyeri, obat diet, diuretik, dan obat flu. Obat-obatan ini mungkin memiliki kandungan kafein sebanyak atau bahkan lebih banyak daripada secangkir kopi. Periksa label obat tanpa resep atau lembar informasi obat resep untuk mengetahui apakah obat dapat menyebabkan insomnia.

Hindari Alkohol

Alkohol dapat membuat Anda tidur lebih cepat, tapi bisa juga menyebabkan Anda sulit tidur karena sering terbangun, gelisah, sakit kepala, dan mimpi buruk. Untuk itu, Anda perlu menegak segelas air tiap minum alkohol untuk mengencerkan efek alkohol. Namun untuk tidur malam yang nyenyak, lebih baik hindari alkohol 4 hingga 6 jam sebelum tidur.

Waspadai Makanan Berat dan Pedas

Berbaring dengan perut kenyang bisa membuat Anda tidak nyaman, karena sistem pencernaan melambat saat tidur. Ini juga bisa menyebabkan mulas, seperti halnya makanan pedas. Jika Anda menikmati makanan berat, selesaikan setidaknya 4 jam sebelum tidur.